AMITRA Gelar Lomba Tulis dan Seminar Ekonomi Syariah

Diterbitkan  Minggu, 11 / 03 / 2018 19:43 - Berita Ini Sudah :  694 Dilihat

JURNALISTIK KREATIF. News Anchor senior Gustav Aulia tengah berkomunikasi dengan peserta dalam seminar “Perkembangan Ekonomi Syariah dan Jurnalistik Kreatif Zaman Now”.

CIPUTAT TIMUR- AMITRA, brand pembiayaan milik FIF GROUP berbasis Syariah menggelar lomba menulis melalui seminar satu hari “Perkembangan Ekonomi Syariah dan Jurnalistik Kreatif Zaman Now”. Acara digelar di Auditorium lantai dua, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat (9/3).

Direktur AMITRA, Rina Apriana menjelaskan, seminar berikut gelaran lomba tulis sengaja diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang baru saja dirayakan pada bulan Februari lalu sekaligus mengenalkan konsep perekonomian syariah di Indonesia.

“Kami melihat bahwa dewasa ini jurnalisme telah menjadi sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, tidak hanya jurnalis, tapi masyarakat umum pun juga banyak yang menerapkan ilmu-ilmu jurnalis ke dalam aktivitas sehari-hari seperti yang kita kenal dengan citizen journalism. Melalui lomba tulis ini AMITRA juga dapat mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai perekonomian Syariah, khususnya pembiayaan Syariah,” katanya.

Rina mengegaskan tentang kondisi saat ini tentang jurnalime bahwa tidak semua orang benar-benar mengetahui bagaimana menerapkan ilmu-ilmu jurnalistik yang baik dan benar. Maka dari itu, AMITRA terdorong untuk mengadakan seminar dan lomba tulis ini.

News Anchor senior Gustav Aulia kerap tampil di RCTI ini memberikan banyak pengalaman tentang juranlistik. Ia membagikan kenangan kepada mahasiswa selama menjadi reporter bertahun-tahun dan akhirnya sekarang menjadi dosen dan konsultan media di banyak perusahaan.

Menurutnya, trik smart writing ada tiga poin yakni akurat dan mudah dipahami, singkat dan padat serta menarik.

Mahasiswa diajak mulai belajar menulis, kendati pada akhirnya untuk penulisan ilmiah skripsi. Namun dengan seringnya menulis akan terbiasa dan lebih mudah memulai hal-hal kecil.

“Menulis itu menuangkan gagasan. Semakin sering menulis menuangkan gagasan akan lebih mudah merangkai kalimat. Menulis juga butuh semangat, maka saat sedang menulis  kesampingkan dulu kerjaan yang lain,” tutur Gustav.

Di ujung acara, beberapa gambar ditampilkan di depan mahasiswa. Kemudian masing-masing menuliskan kalimat sesuai sudut pandang mereka. Praktik ini dinilai lebih efektif melatih mahasiswa dalam menulis. “Ikuti lomba menulis temanya tentang ekonomi syariah,” ajaknya.

Rasidin Ali Sub-Dept Head AMITRA Rasidin Ali Firmansyah juga memberikan materi tentang perekonomian Syariah di Indonesia. Materi seminar inilah menjadi bahan lomba menulis.

Ia menjelaskan perbedaan syariah dan bank konfesional. Jika bank syariah pada pembagian hasil atau untung sementara konvesional pada suku bunga.

“Perbedaanya pada akad jual beli. Dilihat dari prinsip, syariah bagi hasil sedangkan konvensional objeknya uang itu sendiri berkembang pada bunga. Perkembangan bank syariah di Indonesia juga masih sangat sedikit di bandingkan Malaysia,” katanya.

Mahasiswa diajak untuk ikut lomba syarat dan ketentuan di antaranya, minimal 3 tulisan masing-masing 500 kata selama periode program, dipublikasikan melalui blog atau sosmed (Facebook) dan platform digital lainnya. Tulisan bersifat positif, tidak mengandung sara atau politik.

Minimal 1 paragraf menuliskan mengenai AMITRA sebagai syariah financing dan salah satu layanan pembiayaan FIFGROUP yang merupakan anak perusahaan ASTRA. Mencantumkan hastags #AMITRA & AMITRA writing competition di akhir tulisan dan penulisan brand benar dan tidak diperkenankan menulis Brand Competitor.

Jumlah share, likes, dan comment menjadi poin tambahan penilaian. Selanjutnya, wajib follow akun sosmed FB, IG, twitter @FIFCLUB dan kirim rekap link tulisan beserta data diri nama, nomor HP aktif, alamat lengkap ke halo.amitra@gmail.com max 31 Maret 2018. Beberapa kampus wilayah Jakarta sudah dan akan disambangi dalam kegaitan ini. (din)

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!