Institut Ilmu Al Quran Gelar Festival Qur’an di Kelurahan Rempoa

Diterbitkan  Jumat, 06 / 04 / 2018 21:39 - Berita Ini Sudah :  237 Dilihat

CIPUTAT TIMUR-Istitut Ilmu Al Qur’an (IIQ) Jakarta menggelar Festival Qur’an di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur pada Jumat (6/4) hingga Minggu (8/4) nanti. Sebanyak 150 peserta mengikuti ajang bertema “Masyarakat Madani Berakhlak Qur’ani” ini.

Koordinator IIQ Rempoa, Isyroqotun Nashoiha menjelaskan, acara yang digelar itu bagian rangkaian Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sejak 21 Maret hingga 19 April ini sebelum menamatkan studi kuliahnya. KKL ini dikerjakan pada akhir semester 8 jelang penyusunan skripsi.

“Kami saat ini semester delapan tengah menyelenggarakan KKL di Kelurahan Rempoa salah satu kegiatanya menyelenggarakan festival Quran untuk anak-anak,” tuturnya.

Kegiatan lain berkaitan keagamaan, terjun ke majelis taklim, dan syiar keagamaan seperti masuk ke Taman Kanak-Kana dan PAUD. Diselenggarakannya Festival Quran diharapkan anak-anak cinta dan gemar membaca Al Quran. Selain itu mengasah kemampuan dan bakat anak-anak jelang MTQ Kecamatan Ciputat Timur.

“Sebelum digelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kecamatan perlu dipersiapkan salah satunya kegiatan seperti ini. Alhamdulillah pesertanya cukup banyak,” tuturnya.

Pihak panitia menyediakan 7 perlombaan, di antaranya adzan, kaligrafi, Musabaqoh Hifzil Qur’an (MHQ) dan Musabaqah Tartil Quran (MTQ) serta salawat qasidah. Untuk MHQ dan MTQ terbagi menjadi dua cabang ada kecil dan besar. Sedangkan untuk qasidah khusus untuk ibu-ibu diharapkan setiap RW mewakili untuk tampi. Usia peserta katergori kecil maksimal 10 tahun dan yang besar maksimal 15 tahun.

Pada pembukaan Jumat (6/5) siang dan dilanjut perlombaan pada pukul 16.00 WIB cukup meriah. Hadir juga Lurah Rempoa H Abdillah HS. Dia menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara Festival Quran bagi mahasiswa IIQ.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Festival Al Qur’an ini. Ini sebuah sinergi dari dua institusi, yakni pemerintah kelurahan rempoa dan IIQ Jakarta,” jelasnya.

Pembimbing KKL IIQ Rempoa, Ali Mursyid menerangkan, sebelum terjun ke lapangan setelah nanti lulus, perlu dilatih terlebih dahulu. “Kami selaku pihak IIQ terharu dengan respon pemerintah kelurahan rempoa dalam memfasilitasi kegiatan KKL IIQ di Rempoa,” imbuh ia.(din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!