Ratusan Warga Pakulonan Serbu Pelayanan Updating KK

Diterbitkan  Minggu, 08 / 04 / 2018 23:38 - Berita Ini Sudah :  183 Dilihat

-Kesadaran masyarakat terkait dokumen kependudukan diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Toto Sudarto cenderung mengalami peningkatan.
Bukan hanya kesadaran untuk memiliki dokumen kependudukan sepertu KTP dan akte kelahiran, tetapi terkait update data di kartu keluarga (KK) juga mulai tinggi.
Ini terlihat dari pelayanan yang dilaksanakan Disdukcapil di Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, ratusan warga rela datang di Sabtu (7/4) pagi untuk mengurus updating kartu keluarga mereka.”Masyarakat mulai sadar bagaimana pentingnya data yang ada di kartu keluarga,” katanya.
Data yang diubah misalnya terkait dengan tandatangan yang masih camat dirubah dengan tandatangan Kepala Disdukcapil,pekerjaan, status anak yang sudah kuliah dan awalnya terdata masih sekolah serta data-data lainnya.
Dengan kondisi seperti ini maka juga akan memudahkan bagi pemerintah untuk melakukan update data kependudukan yang ada.”Updating KK menjadi program prioritas Disdukcapil, bagi masyarakat yang masih memiliki kartu keluarga lama bisa melakukan updating kartu keluarga,”singkatnya.
Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan pada Disdukcapil, Heru Sudarmanto menjelaskan, kegiatan ini upaya mewujudkan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Penduduk (GISA), dengan melaksanakan updating kartu keluarga.
GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar pentingnya administrasi kependudukan. “Selain itu, kita juga akan mensosialisasikan program GISA kepada masyarakat Tangsel dan pentingnya administrasi kependudukan. Misalnya KK yang dicetak 2014 akan diperbaharui. Karena itu menjadi dasar kami untuk mengeluarkan jenis pendidikannya, jenis pekerjaannya yang menyangkut data kependudukan,” ujarnya.
Pada pelayanan hari Sabtu di Kelurahan Pakulonan ini, masyarakat datang untuk memperbarui data yang ada di data mereka. “Dari 275 warga yang datang, terdapat 188 yang berkasnya dilakukan updating kartu keluarga,”ungkapnya.
Mereka akan menerima kartu keluarga pada hari Rabu (11/4) yang dapat diambil di kantor Kelurahan. “Pelayanan updating ini kita langsung mencetak kartu keluarga, namun diberikan ke warganya hari Rabu, sesuai dengan tanda terima yang diterima mereka,” singkatnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!