Pantarlih Diminta Maksimal

Diterbitkan  Rabu, 11 / 04 / 2018 22:37 - Berita Ini Sudah :  152 Dilihat

 

SERPONG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan saat ini tengah menyiapkan para petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam menyusun Daftar pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 nanti.

Dari proses pemutahiran data pemilih tersebut diharapkan sangat teliti, karena persoalan DPT dianggap sangat sensitif pada perhelatan Pemilu nanti.

Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel, Saprudin, mengingatkan, hal paling dikhawatirkan ialah adanya oknum-oknum yang memanfaatkan DPT untuk berbuat curang dalam Pemilu, terlebih lagi jika DPT nantinya bermasalah.

“Kami mengingatkan juga kepada KPU Kota Tangsel, agar petugas Pantarlih yang direkrut benar-bear memiliki pengalaman dalam hal penelitian data, sehingga persoalan DPT ini tidak carut marut. Apalagi banyak pihak khawatir DPT ini rawan diamnfaatkan untuk kecurangan,” ungkapnya, kemarin.

Dalam melakukan penelitian DPT ini, dia juga meminta agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel turut membantu KPU dalam pemutahiran data pemilih.

“Kami juga akan meminta kepada Disdukcapil pun turut serta membantu KPU dalam memutahiran data pemilih ini, misalnya seperti data-data pemilih sebelumnya yang sudah meninggal, dan juga yang sudah pindah alamat. Inikan ada datanay di Disdukcapil,” ungkapnya.

Dia juga berharap, dengan kerja para Pantarlih ini, Pemilu 2019 di Kota Tangsel bisa berlangsung dengan sangat aman, dan tak ada keributan di persoalan DPT. “Kita berdoa saja, soal DPT ini bisa berjalan dengan aman, dan tidak menjadi sumber keributan,” ungkapnya.

Anggota KPU Kota Tangsel, yang juga Pokja Data, Ahmad Mudjahid Zein, mengatakan, pemutahiran data pemilih tersebut mengacu pada Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018. Banyak hal harus diperhatikan KPU, karena selain memutahirkan data pemilih, hal itu juga berkaitan dengan penentuan dan penetapan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tangsel.

“Karena jumlah pemilih ini berkaitan langsung dengan TPS, maka kami akan sekali kerja dalam penyusunan data pemilih, sekaligus penetapan jumlah TPS di Kota Tangsel untuk Pemilu 2019 nanti,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, KPU Kota Tangsel dalam waktu dekat ini akan merekrut Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk bertugas di seluruh kelurahan.

Pantarlih ini yang akan melakukan pencocokan data pemilih (Coklit), yang akan diserahkan oleh KPU RI dalam bentuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“Sambil menunggu DP4 yang diserahkan oleh KPU RI untuk kota Tangsel, kami merekrut Pantarlih yang memang jujur dan mampu menjalankan tugasnya dengan sangat baik,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!