Diskominfo Latih Aplikasi Seraton ke Staff Kelurahan

Diterbitkan  Kamis, 03 / 05 / 2018 21:32 - Berita Ini Sudah :  174 Dilihat

 SERPONG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memberikan pelatihan aplikasi Sistem Administrasi Pertanahan Online (Seraton) kepada staff Kelurahan yang ada di Tangsel.

“Masing-masing kelurahan sebanyak 3 orang mengikuti pelatihan Aplikasi Seraton. Dimana aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses pengurusan pertanahan di Tangsel,” kata Kepala Diskominfo Tangsel, Ismunandar.

Khususnya kata Ismunandar, aplikasi ini untuk Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Ini program pusat, dimana Kota Tangsel ditargetkan 100 persen seluruh tanah berserrifikat pada 2019 mendatang.

“Melalui pelatihan ini, para staff kelurahan men­dapatkan ilmu untuk menerapkan aplikasi seraton. Karena nantinya merekalah yang mengerjakan aplikasi ini,” kata Ismunandar.

Pada aplikasi ini, warga yang ingin mengajukan, mendaftar akun terlebih dahulu, setelah men­dapatkan user name dan password kemudian menginput persyaratan. Setelah diinput akan divalidasi oleh pihak kelurahan, yang kemudian akan disesuaikan dengan berkas asli dan dikirimkan ke BPN.

Aplikasi ini akan memberikan informasi tahapan berkas warga yang sedang mengajukan hingga berkas selesai dan bisa diambil oleh warga.

“Diharapkan petugas keluarahan bisa menguasai dan menerapkan aplikasi ini juga melayani masyarakat dengan baik. Kalau ini bisa diterapkan, maka dapat mempermudah untuk pemantauan,” jelasnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!