Pemkot Sabet Smart Nation Award 2018

Diterbitkan  Kamis, 03 / 05 / 2018 22:33 - Berita Ini Sudah :  155 Dilihat

CIPUTAT-Pemkot Tangsel menyabet penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 dari Kementerian Pariwisata. Kota pimpinan Airin Rachmi Diany ini menjadi pemenang dari 36 kota, kabupaten, dan provinsi terpilih di ajang itu.

Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di Nusantara 2 Hall, ICE BSD, semalam.

Airin Rachmi Diany, mengungkapkan rasa terima kasih atas penghargaan yang diraih Kota Tangsel di ISNA 2018 katagori Smart Society dan Smart Ecosystem.

“Ini penghargaan pertama yang diraih Tangsel di ISNA 2018. ISNA 2018 merupakan kegiatan kali ketiga yang diselenggarakan oleh Citiasia Inc, sejak 2015 lalu. Kegiatan ini berlangsung berangkat dari semangat mengkampanyekan praktik pintar (smart) dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia, khususnya di tingkat kota, kabupaten dan provinsi.”ungkapnya.

Mulai dari sisi tata kelola, citra daerah, dampak pembangunan ekonomi, kelayakan hidup, masyarakat yang cerdas, hingga pengelolaan aspek lingkungan hidup yang dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia menjadi aspek penilaian.

Pada tahun ini, pemberian penghargaan ISNA dilaksanakan di tengah perhelatan pameran Indobuildtech 2018, yaitu salah satu pameran terbesar di Asia Tenggara di bidang industri konstruksi, arsitektur dan gedung.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Judianto mengungkapkan, penghargaan ini pertama yang diraih Tangsel untuk katagori Smart Society dan Smart Ecosystem, dalam kaitannya mendukung Smart Tourism.

“Dengan penerapan smart city yang selama ini didorong oleh bu walikota, membuat aksesibiltas masyarakat untuk mengakses segala informasi tentang Tangsel menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Hal itu pula yg menyebabkan masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan banyak informasi tentang kepariwisataan (kuliner, akomodasi, tempat wisata lainnya) semakin lebih aktual.”jelasnya.

Founder & Chairman Citiasia, Cahyana Ahmadjayadi mengungkapkan, penerima penghargaan ISNA 2018 merupakan daerah-daerah dengan peringkat terbaik pada 7 katagori penghargaan, yaitu Smart Readiness, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, DAN Smart Environment. Di mana masing-masing terdiri dari 3 daerah nominasi.

Sebelum dinobatkan sebagai pemenang, daerah-daerah ini dinilai berdasarkan hasil studi Indonesia Smart Region Maturity Index (Indeks Kematangan Daerah Pintar).

“Dalam proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur dengan menggunakan berbagai parameter pengukuran yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 hingga tahun 2017,” ungkap Cahyana.

Menurutnya, penilaian melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari Januari 2017 hingga Desember 2017.

Cahyana mengatakan, dalam rapat penentuan pemenang, dewan juri menyepakati sebuah transformasi dalam ISNA 2018. Transformasi tersebut terutama dalam hal katagori penerima penghargaan yang pada tahun sebelumnya diberikan kepada pemerintah daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi yang dibagi ke dalam 3 katAgori daerah, yaitu besar, sedang dan kecil berdasarkan populasi penduduk.

“Sementara, pada tahun 2018, katagori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city,” bebernya.(irm)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!