Jamaah Salat Jumat di Masjid Al Is’thisom Dapat SiJum

Diterbitkan  Jumat, 04 / 05 / 2018 21:31 - Berita Ini Sudah :  210 Dilihat

CIPUTAT-Banyak cara untuk menyalurkan sedekah tanpa memandang siapa yang diberi. Gerakan bagi-bagi nasi mulai ramai sejak aksi 212 beberapa waktu lalu, kemudian berkembang hingga kini. Kemarin, jamaah Masjid Al Is’thisom di kawasan Balaikota Tangsel, Ciputat mendapatkan SiJum (Nasi Jumat).

Koordinator  SiJum, Herdina Arafati menjelaskan, SiJum merupakam gerakan komunitas yang berskala nasional, namun bergerak ke daerah.  Pada dasarnya kegiatan SiJum bergerak kepada penerimaan dan pengelolan donasi menjadi makanan dan mendistribusikannya di masjid-masjid setiap selesai salat Jumat. Namun melalui Yayasan Spirit Jamaah Umat (SJU) yang sedang dalam proses legalisasi, kegiatan SiJum akan mencakup hal-hal yang lebih berdampak luas ke masyarakat.

“Adapun untuk pendiri SiJum ini diprakarsai oleh Andre Raditya, penulis buku Rezeki Level 9 dan dibantu oleh para koordinator di 70 wilayah yang terbesar di wilayah nusantara,” turut Herdiana.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung di SiJum, dapat menjadi donatur atau relawan dapur atau berbagai informasi kebaikan ini. Sedikitnya ada 9 titik dapur yang tersebar di seluruh Tangsel.

Dari 9 dapur, per minggu mendistribusikan 2.500 nasi bungkus. Untuk nasi yang dibagikan di Masjid Al Is’thisom sebanyak 500 box.

“Jadi sasaran yang kami distribusikan cukup luas tak hanya kepada jamaah salat Jumat, tapi suport logistik ke para pemulung atau kegiatan-kegiatan di kampus seperti di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta baru-baru ini,” tambah ia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, konsep yang diterapkan sedekah ini dapat dilakukan semua orang melalui open donatur via transfer ke rekening Mandiri 1260005125405 atau BCA 2101202846 atas nama Herdina Arafati.

“Ini jual beli langsung sama Allah SWT. Kami juga selain menyediakan nasi, ada snack untuk anak-anak tujuannya agar mereka senang datang ke masjid.Tujuan ini menisasti agar anak-anak bisa meramaikan masjid,” tutur ia.

Salah satu jamaah yang menerima SiJum, Iman (30) menyampaikan terima kasih kepada para ibu yang sudah berbuat baik membagikan nasi kepada para jamaah. “Masakanya cukup lezat, semoga membawa keberkahan dan bisa menularkan kedermawanaan bagi masyarakat secara luas,” tuturnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!