Mendikbud Buka Gala Siswa

Diterbitkan  Jumat, 04 / 05 / 2018 21:49 - Berita Ini Sudah :  222 Dilihat

BINTARO-Sebanyak tujuh tim dari tujuh kecamatan bersaing ketat di Gala Siswa Indonesia tingkat Kota Tangsel. Turnamen sepakbola ini dibuka langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi di Lapangan Global Jaya, Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, kemarin.

Mendikbud mengungkapkan, Gala Siswa memiliki gairah yang tinggi, respon setiap wilayah dalam penyelenggaraan kegiatan ini sangat baik. Sehingga banyak pemerintah Kota maupun Kabupaten yang mengalokasikan kegiatan ini melalui anggaran APBD.

“Saya keliling Indonesia untuk mengalakan Gala Siswa ini, antusiasnya luar biasa, disuruh bangun sekolah pada malas-malasan, tapi diajak untuk main sepakbola dan berolahraga antusiasnya luar biasa,” ujarnya.

Mendikbud berharap, kegiatan ini dapat mencari bibit-bibit unggul  di bidang persepakbolaan sesuai dengan instruksi Presiden pada 24 April 2017 terkait revitalisasi sepakbola nasional dengan sistem rekrutmen di sekolah.

“Saya harap,setelah saya tidak jadi menteri, kegiatan ini terus dilaksanakan, karena dengan kegiatan ini kita bisa menjaring kemampuan siswa di bidang olahraga,”katanya.

Muhadjir punya mimpi besar dengan Gala Siswa. “Saya ingin menjadikan anak-anak ini menjadi atlet profesional di persepakbolaan Indonesia,”ungkapnya.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengungkapkan, Gala Siswa tidak lagi menjadi agenda rutin tahunan semata, tapi event ini harus menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan olahraga di Tangsel yang harus dilaksanakan dengan konsisten.

“Melalui Gala Siswa ini, Kita berharap akan terjaring bibit-bibit potensi pesepakbolaan pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut, sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional,”harapnya.

Dari tingkat Kota Tangsel ini nantinya akan diseleksi lagi di tingkat Banten hingga nasional. Untuk tingkat Nasional akan diselenggarakan pada Oktober mendatang di Gelora Bung Karno, Jakarta dengan jumlah sekolah sebanyak 8.200 dengan jumlah siswa sebanyak 144 ribu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel, Taryono mengungkapkan, ketujuh tim sekolah yang tampil di Gala Siswa ini merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan.

Lanjutnya, untuk di Gala Siswa Nasional, total hadiah yang disiapkan sebesar Rp 5 miliar dan pemenang akan berangkat ke Inggris.

Sementara, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany berharap kegiatan ini bisa disinkronkan.” Dari mulai piala kecamatan, piala bupati/walikota ke piala gubenur lalu ke Piala Presiden, sehingga kita akan menemukan bibit terbaik di bidang sepakbola,”katanya.(irm)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!