WH Serahkan Piala Tetap Popda ke Airin

Diterbitkan  Jumat, 04 / 05 / 2018 21:35 - Berita Ini Sudah :  216 Dilihat

KELAPA DUA-Ribuan atlet pelajar dari delapan kabupaten/kota se-Banten menguji kemampuan di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX 2018 di Kabupaten Tangerang. Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) secara resmi membuka kompetisi olahraga dua tahunan itu di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (4/4).

WH menyatakan, para atlet peserta Popda Banten harus berjuang untuk memperoleh hasil terbaik. Popda, kata Wahidin, merupakan ajang yang tepat untuk mencetak atlet putra-putri terbaik Banten.

Untuk itu, Wahidin berharap ajang Popda IX Banten ini dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk tingkat nasional bahkan Internasional.

“Kita harapkan dapat muncul atlet-atlet berprestasi untul level nasional bahkan Internasional dari ajang ini,” ungkap gubernur.

Mantan walikota Tangerang dua periode ini juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang terus membangun sarana dan prasarana untuk kemajuan dan prestasi olahraga di wilayah itu. WH menyebut, pembangunan sarana tersebut patut dicontoh pemerintah kabupaten/kota lainnya.

“Pemkab Tangerang telah membangun banyak sarana olahraga seperti stadion mini di setiap kecamatan dan Arena Sport Center yang cukup megah ini, menjadi tempat pembukaan Popda IX tahun 2018 tingkat Provinsi Banten,” ucapnya.

Tari-tarian kolosal dan parade kontingen mewarnai jalannya kegiatan tersebut. Sebanyak 200 pelajar gabungan dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang diikutsertakan untuk memeriahkan acara pembukaan tersebut. Mereka menampilkan berbagai pertunjukan seni tarian budaya dan musik tradisional.

Usai membuka secara langsung, Wahidin menyerahkan piala tetap kepada Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Kota Tangsel berhak mendapatkan piala tetap Popda karena menjadi juara tiga kali berturut-turut sejak Popda V hingga VIII.

Selanjutnya, Wahidin menyerahkan piala bergilir Popda kepada tuan rumah Popda IX Kabupaten Tangerang yang diwakili Penjabat Bupati Tangerang Komarudin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten, Deden Apriandi mengatakan, kompetisi multi event itu digelar pada 4 hingga 11 Mei 2018. Venue pertandingan tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tangerang seperti Cikupa, Kelapa Dua, Pagedangan, Curug, Panongan, Balajara, dan Tigaraksa. Sebanyak 2.000 orang, terdiri dari atlet, ofisial hingga pendamping mengikuti Popda yang mempertandingkan 19 cabang olahraga tersebut.

“Provinsi Banten berhasil memperbaiki peringkat pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional tahun 2017 lalu. Dari sebelumnya menduduki peringkat belasan menjadi peringkat tujuh. Kami targetkan pada Popnas mendatang mampu menduduki peringkat lima besar,” ujar Deden.

Penjabat Bupati Tangerang, Komarudin mengatakan, selain Popda IX Banten, wilayahnya juga bakal dijadikan tempat untuk event olahraga lainnya, di antaranya yakni Asian Games.

“Pada Agustus 2018, Kabupaten Tangerang juga menjadi salah satu tuan rumah salah satu cabang olahraga di Asian Games 2018. Selain itu, kami juga menjadi tuan rumah Porprov Banten V. Tentunya semua kepercayaan ini memberikan tantangan bagi kami, pihak penyelenggara untuk berusaha semaksimal mungkin,” terangnya.(bnn)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!