Pertama di Indonesia, Terbesar se-Asia Tenggara


Apple Developer Academy Hadir di BSD

Diterbitkan  Selasa, 08 / 05 / 2018 11:26 - Berita Ini Sudah :  245 Dilihat

AKADEMI APPLE PERTAMA DI ASIA: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menkominfo Rudi Antara dan Wakil Presiden Apple Bidang Lingkungan Hidup Lisa Jackson (ketiga kiri) mendapat penjelasan dari mahasiswa Apple tentang program iOS seusai diresmikan di Kawasan Bisnis Sinar Mas Land, Serpong, (7/5). Akademi Apple di Tangerang Selatan ini merupakan akademi pertama di Asia yang dikembangkan oleh raksasa aplikasi untuk iOS, dimana akademi ini nantinya akan medidik para siswa untuk memiliki keahlian mengembangkan aplikasi iOS.

BSD-Apple resmi membuka Apple Developer Academy di Indonesia, dan area BSD City menjadi area pilihan. Academy ini menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

Keberadaan Apple Developer Academy ini tentunya diharapkan akan menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat untuk belajar lagi dalam memulai bisnis berbasis aplikasi. Saat peresmian Apple Developer Acadamy, kemarin, dihadiri langsung Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto.

Wakil Presiden Apple Bidang Lingkungan Hidup, Lisa Jackson mengatakan, Apple Developer Academy memiliki tujuan untuk menantang dan menginspirasi siswa melalui berbagai pendekatan bidang dalam pembelajaran dan pengajaran.

“Kami sangat gembira untuk bisa membuka Apple Developer Academy untuk menyediakan pengembangan masa depan dengan kemampuan yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan bergabung dalam perekonomian berbasis aplikasi yang kini berkembang pesat,” ujarnya.

Adapun kelas yang ada di Apple Developer Academy yaitu Objective РC dan Swift. Swift ini merupakan bahasa pemrogaman Apple intuitif dan hebat yang diciptakan untuk membuat aplikasi  iOS, Apple TV, dan Apple Watch.

Rektor Binus University, Harjanto Prabowo yang juga hadir dalam peresmian tersebut, mengatakan, Apple Developer Academy merupakan kolaborasi dengan salah satu institusi pendidikan terdepan di Indonesia yaitu Binus University. Kerjasama ini dijalin karena Binus University merupakan institusi pendidikan yang terdepan di bidang Komputer dan teknik, sehingga melalui kerjasama ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mendalam tentang kurikulum  yang dibuat khusus untuk interaksi di ruang kelas di Indonesia.

“Kerjasama dengan Apple ini untuk membantu memberdayakan perekonomiam berbasis aplikasi di Indonesia dengan menciptakan pengembangan kelas dunia di Apple Developer Academy ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa menjadi pengembang dan menciptakan aplikasi yang inovatif untuk masyarakat Indonesia merupakan langkah positif untuk membangun literasi dan ekosistem digital yang kuat di masa depan.

“Kami sudah banyak menerima tanggapan positif dari siswa dan mahasiswa yang tengah membuat kemajuan besar dan mengembangkan aplikasi kreatif dan berfungai penuh,” paparnya.

Kelas perdana di Apple Developer Academy berisikan 75 siswa yang akan memulai pelatihan selama satu tahun ke depan. Kini komunitas pengembang iOS di Indonesia tengah berkembang pesat dan bertumbuh lebih dari 50 persen selama dua tahun terakhir, sehingga pada 2017 pengembnag iOS di seluruh dunia menghasilkan pendapatan sebesar USD 26,5 Miliar. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!