Baca Puisi dan Bagi Hadiah di Tangsel Pos Award 2018


Kala Takzim Merajut oleh Airin

Diterbitkan  Selasa, 08 / 05 / 2018 11:34 - Berita Ini Sudah :  183 Dilihat

TANGSELPOS AWARD: Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany terlihat berselfie bersama sejumlah siswa dan siswi sekolah SMP dan SMA kota Tangerang Selatan usai mengikuti acara Tangsel Pos Award 2018 di Jagat Arsy, Ciater, Serpong, Senin (7/5). Tangselpos Award 2018 yang melombakan Menulis Puisi dan Cerpen dengan tema Mari Menghormati Guru.

Senja di ujung binary

Butir pasir turun di atas dahinya

Kerut panjang tak berujung, tua melainkan renta

Menerobos hujan dan panas tak lelah

Mencipta semangat belajar tak berkeluh kesan

Mengurai kenakalan penuh welas asih

Mengiya tanpa celah helaan kesal

Begitulah bait demi bait puisi yang dibacakan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat acara Tangsel Pos Award 2018 di Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy, Serpong, kemarin.

Puisi tersebut berjudul ‘Kala Takzim Merajut’ karya Galuh Annisa Sekar Ayu, siswi SMPN 12 Kota Tangsel. Airin begitu lantang sambil memegang secarik kertas di tangannya.

Tepuk-tangan riuh terdengar usai Airin membaca kalimat pada bait terakhir. “Saya tidak akan sambutan, karena saya diminta untuk membacakan puisi, maka langsung saja. Saya juga tidak tahu, tiba-tiba diminta untuk membaca puisi,” tutur Airin.

Airin mendoakan kepada para siswa dan siswi yang hadir semoga ke depan menjadi orang hebat dan hidup bahagia. “Nanti muncul bakat-bakat sastrawan hebat dari sini,” harapnya.

Airin juga didaulat menyerahkan hadiah kepada pemenang Tangsel Pos Award 2018. Dalam kesempatan tersebut, Airin juga bertanya kepada para siswa tentang cerita dari dongeng yang dibawakan Budi Euy, pendongeng keliling sekaligus Redaktur Tangsel Pos.

Lalu maju salah seorang siswi ke atas panggung. Dia menceritakan dongeng ‘Ulama Besar Barseso’ yang baru saja disimaknya. Siswi tersebut lantas mendapatkan hadiah dari Airin. “Lumayan buat jajan ya,” ungkap Airin kepada siswi berjilbab itu.

Tangsel Pos Award 2018 merupakan program Koran Tangsel Pos berupa lomba penulisan puisi dan cerpen. Dari ratusan puisi dan cerpen yang masuk ke panitia, akhirnya terpilih sejumlah pemenang yang karyanya dinilai sangat bagus.

Untuk juara puisi tingkat SMP yakni, juara pertama Galuh Annisa Sekar Ayu dari SMPN 12 Tangsel, juara kedua direbut Faza Zulfan dari SMPI Assaadah  Kecamatan Setu, dan Ave Anak Anugrah dari SMPN 4 Kota Tangsel meraih juara ketiga.

Juara pertama cerpen tingkat SMP jatuh kepada Faiza Latif dari SMPN 4 Kota Tangsel, juara kedua Nabila ZAHIYAH dari SMP Jagad Arsy, sedangkan juara ketiga menjadi milik siswi MTsN 1 Kota Tangsel, Bahaiyatul Muslimah.

Sementara, juara pertama puisi tingkat SMA diboyong siswa SMAN 2 Kota Tangsel, juara kedua jatuh ke Rosa Maria Gustaf dari SMAN 1 Kota Tangsel, dan ketiga milik Amara Anindya, siswi SMAN 1 Kota Tangsel

Direktur Tangsel Atho Al Rahman menerangkan, kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini juga sekaligus untuk mencari dan mengasah siswa-siswi berbakat dalam dunia sastra.

“Sastra memiliki nilai tinggi dalam tatanan dunia pendidikan juga secara sosial masyarakat, karena mengalir nilai kehidupan yang universal. Maka begitu penting kegiatan seperti ini digelar.

Turut hadir pengelola sekolah Jagar Arsy Tata Masta, Pemilik Jagat ‘Arsy Budi, pengelola sekolah Jagar Arsy Tata Masta dan juga Komisaris Tangsel Pos Hari Prastowo. Dalam kegiatan itu juga digelar pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan Siloam Hospital.(din)

                                                 Juara Puisi Tingkat SMP:

                                                 JUARA 1 Galuh Annisa Sekar Ayu SMPN 12 Tangsel

                                                 JUARA 2 Faza Zulfan SMPI Assaadah Setu

                                                 JUARA 3 Ave Anak Anugrah SMPN 4 Tangsel

                                                 Juara Cerpen Tingkat SMP:

                                                 JUARA 1 Faiza Latif SMPN 4 Tangsel

                                                 JUARA 2 Nabila ZAHIYAH SMP Jagad Arsy

                                                 JUARA 3 Bahaiyatul Muslimah MSTN 1 Tangsel

                                                 Juara Puisi Tingkat SMA:

                                                 JUARA 1 SMAN 2 Tangsel

                                                 JUARA 2 Rosa Maria Gustaf SMAN 1 Tangsel

                                                 JUARA 3 Amara Anindya SMAN 1 Tangsel

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!