Persani Tangsel Juara Umum Dua POPDA Banten IX

Diterbitkan  Selasa, 08 / 05 / 2018 22:20 - Berita Ini Sudah :  252 Dilihat

CIPUTAT-Persatuan Senam Indonesia (Persani) kota Tangerang Selatan mampu merebut 4 emas dan menempatkan sebagai Juara Umum Dua dari 11 emas yang diperebutkan dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banten IX  di Kabupaten Tangerang pada 4-11 Mei 2018. Juara umum dalam cabang olahraga senam ini direbut oleh Kota Tangerang dengan mengantongi 5 emas.

Ketua Umum Pengab Persani, Kota Tangsel Fachrudin Zuhri menyampaikan, atlet senam prestasi baru ada 11 orang dengan angka ini masih kecil sekelas wilayah kota. Targetnya 20 atlet, 8 atlet laku-laki dan 12 perempuan. Saat ini dari 11 atlet, semuanya perempuan.

“Persani Tangsel baru kali pertama ikut Popda Alhamdulillah mampu bersaing, sehingga mampu memperoleh juara umum dua dengan perolehan empat emas dari sebelas emas yang diperebutkan. Ini prestasi membanggakan untuk Persani Tangsel juga secara umum warga Tangsel,” kata Fachrudin.

Sedangkan lawan terberat bukan tuan rumah Kabupaten Tangerang, tapi malah Kota Tangerang yang rupanya mampu mengungguli Kota Tangsel dengan perolehan 5 mendali emas. Kejuaraan senam prestasi Cabang Olahraga Persani berlangsung Minggu-Senin (6-7/5). Dari 8 kabupaten Kota se-Banten hanya lima yang mengirimkan, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangsel, Lebak, Cilegon dan Pandeglang. Dua di antaranya Kabupaten Serang dan Kota Serang tidak mengirimkan peserta.

“Kota Tangerang diakui sudah konsen sejak dulu bahkan di sana ada arena berlatih, sehingga wajar menjadi lawan terbarat. Tangsel kedepan seperti itu. Adapun untuk dua wilayah tidak mengirimkan mungkin tidak ada ateletnya,” tambahnya.

Persani Tangsel, pernah mengikuti kejuaraan setingkat Banten pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) tahun 2017 dan memperoleh juara 3. Persani Tangsel dibentuk sejak 2012, hanya saja didominasi bukan pada senam atlet, tapi seman rekreasi atau senam hiburan seperti pada umumnya dilakukan saat ada acara-acara.

“ini menjadi pekerjaan bagi kami bagaimana mencetak atlet senam prestasi. Diakui Persani di Tangsel telah berdiri sejak lama, tapi didominasi memang senam rekreasi saja,” tuturnya.

Senam rekreasi tersebut seperti yoga, zumba dan lain-lain. Sedangkan senam prestasi lebih kepada teknik kelenturan tubuh atlet. Oleh karenanyta, dari itu butuh latihan khusus agar tumbuh menjadi lentur dengan latihan secara intens. “Salah satu atlet kami, sudah ada yang tampil di Bangkok baru-baru ini,” jelasnya.

Sekum Pengcab Persani Kota Tangsel, Dhianda Nurdhiana menjelaskan, empat emas diperoleh dari all around, beregu, balance beam atau balok keseimbangan dan floor senam lantai. Balok keseimbangan ada Ashley juara satu dan senam lantai ada Sanrina juga juara satu.

“Pada Popda ini dibuka untuk atlet putra dan putrid, namun Tangsel baru bisa menurunkan atlet putri,” tandasnya. (din)

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!