Raperda Budaya Betawi Rampung Pekan Depan//


Dewan Larang Ngamen Pakai Ondel-ondel

Diterbitkan  Kamis, 10 / 05 / 2018 22:50 - Berita Ini Sudah :  266 Dilihat

SERPONG-Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pelestarian Kebudayaan Betawi Kota Tangsel menargetkan pekan depan seluruh pasal dalam Raperda itu akan rampung. Segala bentuk pelestarian kebudayaan Betawi di Kota Tangsel akan dimasukkan ke dalam Taperda tersebut, mulai dari kesenian, kebudayaan, sampai tentang bahasa Betawi pun rencananya akan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan Kota Tangsel.

Bahkan seiiring dengan perjalanan pembahasan Raperda ini, anggota Pansus juga menyoroti fenomena yang kini mulai ramai di Kota Tangsel, yaitu mulai banyaknya pengamen yang menggunakan ondel-ondel keliling kampung.

Anggota Pansus Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi Kota Tangsel, Undang Kasi Ujar menyoroti serius fenomena tersebut. Menurutnya, aktivitas mengamen dengan menggunakan ondel-ondel tersebut merusak citra kebudayaan Betawi.

“Persoalan ini pun saya usulkan agar masuk ke dalam pembahasan Raperda ini. Dan dari hasil rapat kami dengan tim ahli, masuknya itu dalam pembinaan. Karena kegiatan mengamen dengan ondel-ondel ini merusak citra budaya Betawi sehingga perlu dibina lagi,” paparnya.

Pandangan Undangan mengenai kegiatan mengamen tersebut, yang dinilai merusak citra budaya Betawi, karena kesenian dan kebudayaan Betawi yang ditampilkan liar di pinggir jalan seolah-olah memperlihatkan bahwa ondel-ondel bukan lagi khas budaya yang harus dilestarikan pada tempatnya.

“Jadi kan kita melihatkan di jalan itu ondel-ondel bukan seperti kebudayaan yang memiliki sejarah panjang. Sehingga ditampilkan asal-asalan di pinggir jalan. Makanya kami sikapi ni dengan serius, agar semua aspek kebudayaan Betawi itu diletakan di tempatnya bukan sembarangan seperti itu,” paparnya.

Lebih lanjut Undang mengatakan, bahwa nantinya kegiatan mengamen dengan ondel-ondel ini akan dilarang di Kota Tangsel. “Karena ini Perda kota Tangsel, maka akan kami larang ada kegiatan itu di Kota Tangsel, dan mereka akan dibina nantinya,” paparnya.

Ketua Pansus Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi, Syihabuddin Hasyim mengatakan, untuk Raperda tersebut masih tersisa beberapa hari pembahasan lagi dan akan ditargetkan pekan depan akan difinalisasi.

“Kami masih memiliki beberapa hari lagi sebelum masuk tahap finalisasi. Dan waktu itu akan kami manfaatkan dengan sangat serius agar semua aspek yang berkenaan dengan kebudayaan Betawi masuk dalam Raperda ini,” pungkasnya.(dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!