Karang Taruna 04 Sawah Baru Sulap Limbah Jadi Kerajinan

Diterbitkan  Kamis, 10 / 05 / 2018 22:51 - Berita Ini Sudah :  186 Dilihat

CIPUTAT-Cara Karang Taruna 04 Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat mengedukasi masyarakat soal sampah sangatlah unik. Anak-anak muda ini memanfaatkan limbah kertas dan karton serta kokoru dengan menyulapnya menjadi barang kerajinan.

Ketua Karang Taruna RW 04 Kelurahan Sawah Baru, Dimas Wiwiko menyampaikan, kegiatan di lingkungan terus berkembang pesat. Awalnya hanya mengolah sampah menjadi komposter, kini berkembang memanfaatkan daur ulang limbah kertas, kardus serta kokoru untuk membentuk beragai jenis kerajinan.

“Melatar belakangi kami berjuang memanfaatkan limbah memang fokusnya pada pemanfaatan sampah. Kemudian mendapatkan ilmu cara berkreasi membuat barbagai kerajinan sehingga akhirnya teman-teman semangat untuk mengembangkan konsep itu,” katanya.

Pameran di tempat terbuka kali pertamanya dilakukan saat ada Festival Kuliner di Parigi, Pondok Aren baru-baru ini. “Pada akhirnya kami tahu setelah mengikuti kegiatan perdana ini bahwa anak-anak sangat butuh hal-hal yang menarik dan imajinatif serta kreatif. Kita hanya butuh keberanian membuka ruang bagi anak-anak dan kami melihat begitu antusias saat kami membuka stand pertama kali di Festival Kuliner,” tambah Dimas.

Para anggota Karang Taruna tak hanya tertarik dengan produk yang sudah jadi seperti replika monas, musola, karakter tokoh kartun dan rumah-rumah serta produk lain yang lebih dari 100 jenis, tapi ada yang lebih memikat yakni mereka turut menggunting kertas kokoru dan limbah kardus.

“Ini yang membuat kami terdorong untuk serius lagi dan ingin mengikuti pameran di berbagai kegiatan di Tangsel. Apa yang dilakukan kami bagian dari ajakan agar selalu terampil memanfaatkan apapun yang memunculkan kreativitas,” sambung Dimas.

Hasil kerajinan dijual dari mulai Rp 5 ribu hingga Rp 600 ribu. “Tak menyangka banyak pembeli. Beberapa pemuda yang membuat kerajinan di antaranya Refa Hermawan, Aldo Prayudha  dan Nur. Satu jam bisa membuahkan hasil karya tak terlalu detail, tapi jika sampai detail butuh sepekan,” bebernya.

Refa Hermawan, salah satu kreator menyampaikan keinginannya sebagai pemuda bisa memberikan inspirasi kepada pemuda lain. Apapun inspirasi yang penting hal positif dan bermanfaat untuk orang banyak. Salah satu yang ia dan kawan-kawan lakukan membuat kerajinan dengan membutuhkan ketekunan dan keuletan.

“Ingin berbagi manfaat dan berkarya agar bisa dinikmati orang lain serta contoh bagi pemuda pada umumnya,” tuturnya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!