10 OPD Lakukan Penandatangan Pemanfaatan Data dengan Disdukcapil


Tangsel Akan Jadi Pilot Project Konfigurasi Data Kependudukan

Diterbitkan  Senin, 14 / 05 / 2018 20:50 - Berita Ini Sudah :  263 Dilihat

CIPUTAT-Direktur Fasilitas Pemanfaatan Data dan Dokumen pada Kementerian Dalam Negeri, David Yama, memuji Tangsel yang berhasil menjalin kerjasama pemanfaatan data kependudukan dengan 7 Camat yang ada di Tangsel. Hal ini diungkapkan David saat acara penandatanganan naskah perjanjian kerjasama (PKS) pemanfaatan data kependudukan yang berlangsung di Kantor Walikota Tangsel, Senin (14/5).
“Se-Indonesia baru Tangsel yang melaksanakan perjanjian kerjasama hingga tingkat Kecamatan, daerah lain belum melakukannya, bahkan saking senangnya, kami datangkan tim dari pusat dalam rangka mengimplementasikan data baru di Tangsel,”ungkapnya.
David Yama, mengungkapkan, ada tiga daerah yang menjadi pilot project untuk pengimplementasikan data baru dari Kemendagri terkait pemanfaatan data yakni DKI Jakarta, Tangsel dan Depok.
“Tiga daerah ini dipilih menjadi pilot project konfigurasi baru pemanfaatan data, dimana selama ini banyak sekali OPD atau SKPD yang ingin memanfaatkan data dan bekerjasama dengan disdukcapil, namun data yang bisa keluar yakni hanya data Tangsel, dengan implementasi konfigurasi data baru, data nasional bisa dibuka oleh disdukcapil Tangsel ini,”jelasnya.
Nantinya akses busa dilakukan oleh Disdukcapil Tangsel, hasilnya akan tepat guna untuk pelayanan public yang ada diwilayah. Bahkan pelayanan public wajib hukumnya menggunakan data disdukcapil, baik dari pembangunan, mengalokasikan anggaran, data pilpres dan pilkada, hingga penegakan hukum dan criminal yang dipakai yakni data disdukcapil.
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama ini kualitas pelayanan harus segera ditingkatkan. “Dengan adanya kerjasama ini staf pelayanan harus saling berkoordinasi. Jadi staf layanan harus saling menjaga kualitas agar tidak memengaruhi,” katanya.
Sementara, sebanyak sepuluh organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menandatangani kerjasama pemanfaatan data dengan Disdukcapil Tangsel.
“Penandatanganan Pemanfaatan data ini nantinya akan bermanfaat untuk mempermudah pelayanan ke setiap lapisan masyarakat,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan.
Menurutnya kerjasama ini menyusul ketentuan tidak akan dikeluarkannya lagi suket pengganti KTP-el per tanggal 3 Mei lalu. Sebagai gantinya setiap masyarakat yang melakukan perekaman, akan segera dilakulan pencetakan KTP-el.
Dia mengatakan 10 OPD yang menandatangani kerjasama ini adalah Tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.(irm)
KERJASAMA. Disdukcapil Tangsel kerjasama dengan 10 OPD terkait pemanfaatan data kependudukan.

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!