35 APK Liar Ditertibkan Panwacam

Diterbitkan  Rabu, 16 / 05 / 2018 22:10 - Berita Ini Sudah :  92 Dilihat

CIPUTAT TIMUR– Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang Selatan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) liar yang dipasang di luar jadwal kampanye dan juga melanggar ketentuan lainnya.
Setelah sebelumnya menyisir area Ciputat, kali ini Panwascam Ciputat Timur melakukan penertiban APK liar di area Kecamatan Ciputat Timur. Dari hasil penertiban itu terdapat sebanyak 35 APK liar yang diturunkan oleh Panwascam.
Dalam penertiban tersebut, hampir seluruh partai politik (parpol) melanggar aturan. Hal itu terlihat beberapa ASPK berupa spanduk para pengurus partai politik tingkat Kota Tangsel yang dipasang di pinggir jalan.
Panwascam Ciputat Timur bersaqma Satuan Polisi Pamong Praja tingkat kecamatan serta anggota Panwaslu Kota Tangsel Jajuli.
Ketua Panwascam Ciputat Timur, Mulyadi, mengatakan, penertiban masih dilakukan di ruas jalan-jalan utama di Ciputat Timur, seperti di Jalan Raya Ir Djuanda.
Ketua Panwascam Ciputat Timur, Mulyadi, mengatakan bahwa penertiban dilakukan berdasarkan edaran yang ada, karena parpol dilarang melakukan kampanye atau sosialisasi sebelum memasuki tahapan kampanye.
“Untuk sekarang, hari ini saja yang kami lakukan penertiban. Dan nanti jika muncul lagi APK yang melanggar seperti ini, maka akan kami lakukan penertiban lanjutan,” ungkapnya.
Anggota Panwaslu Kota Tangsel Ahmad Jazuli mengatakan, kegiatan dilakukan juga sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang Lalul Lintas, dimana ada larangan angkutan umum memasang stiker besar di kaca bagian belakang.
“Karena keterkaitannya juga dengan Undang-undang Lulintas, maka kami melibatkan dishub untuk giat kali ini. Namun dari sisi kami jelas memasang stiker kampanye politik di angkutan umum itu sangat melanggar,” ungkapnya.
Jazuli juga mengatakan, bahwa dalam kegiatan kali ini, memang belum begitu banyak temuan di angkutan umum. “Hari pertama memang kami fokus di angkutan umum, dan belum begitu banyak temuannya,” ungkapnya.
Sedangkan untuk selanjutnya akan melakukan penertiban APK di jalan-jalan akan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
Jazuli juga mengatakan, bahwa Panwaslu akan terus melakukan penertiban tersebut, mengingat setiap kali dilakukan penertiban selalu saja ada APK baru yang muncul dan melanggar aturan.
“Selalu saja kalau setelah ditertibkan ada lagi APK baru, makanya kami akan terus menertibkan setiap ada APK baru muncul. Kami minta juga agar partai politik menahan diri agar tidak melakukan pelanggaran kampanye seperti ini,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!