Cempaka Putih Wakili Ciputat Timur di Lomba Kelurahan

Diterbitkan  Rabu, 16 / 05 / 2018 22:19 - Berita Ini Sudah :  127 Dilihat

CIPUTAT TIMUR-Kelurahan Cempaka Putih mewakili enam kelurahan lain di Kecamatan Ciputat Timur untuk mengikuti Lomba Kelurahan tingkat Kota Tangsel. Infrastruktur di Cempaka Putih dan kebersihan lingkungannya dinilai paling siap untuk bersaing.

Lomba Kelurahan ini digelar Bagian Pemerintahan Pemkot Tangsel. Kemarin, penilaian mulai dilakukan di Kelurahan Cempaka Putih.

Camat Ciputat Timur, Durahman mengungkapkan, lomba penilaian kelurahan setidaknya ada 9 kriteria, utamanya soal faktor kebersihan, gedung atau fisiknya tak tertinggal penanganan administrasi.

“Optimis pasti, serta sudah berusaha, tapi mungkin kelurahan lain lebih baik. Yang penting kita berusaha saja. Adapun soal kebersihan dan keindahan sebetulnya bukan soal lomba saja, tapi setiap hari dan setiap waktu jangan sampai bersih jika hendak lomba saja,” kata Durahman.

Alasan mengajukan Cempaka Putih dari enam kelurahan yang ada berdasarkan kajian mengingat persiapan matang dari segala aspek. Sehingga setelah seleksi, akhirnya Cempaka putih terpilih dengan pertimbangan berbagai faktor di antaranya letak gedung strategis, halaman dan jalan sudah bagus termasuk lingkungan pendidikan dari SD hingga SMA.

“Profil kelurahan sudah bagus, sehingga kita majukan untuk mewakili enam kelurahan. Tujuan diselenggarakan penilaian kelurahan memotivasi kelurahan menjaga kebersihan dan ketertiban sehingga kelurahan lain juga berusaha agar tehun depan terpilih,” tambah Durahman.

Mantan Camat Serpong ini berpesan bagi kelurahan yang tidak ikut lomba tetap harus melakukan Jumat Bersih (Jumsih) setiap pecan, agar di tahun mendatang bisa terlipih mewakili kecamatan di lomba serupa.

“Saya setiap Jumat keliling ke keluranan untuk mengecek ada atau tidak kerjabakti, jika tidak ada, kami penggil lurah, kenapa tidak kerjabakti. Karena kerjabakti sangat berarti sekali untuk lingkungan khususnya RT/RW. Kebersihan bukan tugas pemerintah, tapi kita bersama. Jika warga belum sadar lingkungan akan kotor terus,” imbuhnya.

Lurah Cempaka Putih, Tarmidzi menjelaskan, pihaknya ditunjuk untuk mewakili Lomba Kelurahan tingkat Kota Tangsel. Upaya yang dilakukan semaksimal mungkin bisa memperoleh juara, karena dengan juara dapat menjadi contoh untuk kelurahan lain.

Banyak aspek yang menjadi penilaian di antaranya, lingkungan kebersihan, kenyamanan, pelayanan, dan administrasi. “Kantor pelayanan masyarakat harus disiapkan banyak fasilitas agar memberikan kenyamanan dan kedamaian, sehingga masyarakat datang lebih senang,” imbuhnya.(din)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!