Pertamina Siapkan Pangkalan Siaga

Diterbitkan  Rabu, 16 / 05 / 2018 22:16 - Berita Ini Sudah :  144 Dilihat

Selama puasa hingga Idul Fitri 1439 H nanti, Pertamina Marketing Operation Region III menjamin kebutuhan LPG di Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang tetap aman. Meskipun dipastikan ada kenaikan permintaan, namun Pertamina telah mengantisipasinya dengan sejumlah strategi.

Unit Manager Communication and CSR Marketing Operation Region III, Dian Hapsari Firasati mengungkapkan, permintaan LPG 3 kilogram di wilayah Tangerang Raya pada masa satgas (H-15 hingga H+15) diperkirakan naik sekitar 24 persen dibandingkan kondisi normal harian.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pertamina telah melakukan penambahan stok. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, pasokannya akan cukup,” ujarnya.

Dari 5.600.000 tabung LPG 3 kilogram naik menjadi 6,5 juta. Ada kenaikan per harinya dari 225 ribu menjadi  244 ribu. Tak hanya LPG 3 kilogram, Pertamina juga  menambah untuk LPG 12 kilogram, dari 200 persen menjadi 300 persen.

Tak hanya penambahan stok, namun sejumlah pangkalan disiapkan sebagai pangkalan siaga. Untuk wilayah Tangerang ini ada sekitar 595 pangkalan siaga yang akan tetap buka meski saat libur.

“Beberapa titik yang termasuk pangkalan siaga adalah SPBU dan minimarket modern. Jadi masyarakat bisa dengan mudah menemukan LPG,” tambahnya.

Untuk kemudahan masyarakat, Pertamina juga melayani pemesanan dan pengantaran Bright Gas melalui aplikasi Bright Home Services yang dapat di download di Appstore atau Playstore serta bisa melalui Contact Pertamina 1500 000.

“Kami berharap dengan kemudahan ini dapat membantu masyarakat yang sudah mampu untuk tidak menggunakan LPG 3kg namun beralih ke LPG non subsidi yaitu Bright Gas,” jelas Dian Hapsari.

Pertamina mengajak kepada masyarakat untuk membeli LPG di agen resmi supaya lebih terjamin. Saat ini agen resmi diterapkan ada setiap RW, tujuannya mempermudah dan mendekatkan kepada masyarakat. Agen resmi ini toko yang telah kerjasama dengan Pertamina, mereka sudah berkomitmen untuk menjadi mitra.

Selain menambah pasokan, Pertamina juga berkordinasi dengan Hiswana Migas, pihak Kepolisian dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat untuk memastikan distribusi saat puasa dan lebaran berjalan aman.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang, Agus Sugiono menjelaskan, dalam rangka persiapan menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN), pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait yaitu Dinas Ketahanan Pangan, PD Pasar dan Bulog dalam hal ketersediaan stok dan stabilisasi harga bahan pokok. Selain itu kordinasi juga dilakukan dengan Pertamina dan Hiswana Migas Tangerang Raya terkait dengan ketersediaan stok BBM dan LPG.

“Alhamdulillah Pertamina dan Hiswana sudah melakukan persiapan dengan menyiapkan tambahan stok LPG dan kebijakan agen siaga. Kami juga akan berkoordinasi untuk melakukan intervensi khususnya LPG apabila terjadi kelangkaan  di wilayah Kota Tangerang. Diharapkan dengan koordinasi yang baik ini, masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan lancar,” katanya.

Sementara, Ketua Hiswana Migas DPC Tangerang, Ahmad Tomi menambahkan, pihaknya siap untuk menjamin ketersediaan LPG dengan adanya pangkalan siaga di sejumlah titik. “Kami sebagai pengusaha yang menjual LPG sudah berkoordinasi dengan Pertamina dan Disperindag untuk menjamin ketersediaan LPG selama Ramadan dan Idul Fitri,” katanya.(din)

 

 

(rls/din)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!