KPU Selesai Coklit Data Pemilih

Diterbitkan  Kamis, 24 / 05 / 2018 21:59 - Berita Ini Sudah :  202 Dilihat

SERPONG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan secara resmi telah selesai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilu dan Pilpres 2019 di Kota Tangsel.

Coklit tersebut sebelumnya dilakukan terhadap Daftar Penduduk Potensi Pemilh Pemilu (DP4), yang berjumlah 918.157 jiwa atau sebagai pemilih potensial. Tahapan coklit selesai pada 18 Mei kemarin, sehingga jumlah pasti bias diketahui setelah dilakukan pemutahiran data pemilih.

Anggota KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein, mengatakan, sementara ini sekitar puluhan ribu pemilih baru masuk ke dalam daftar pemilih setelah dicoklit oleh petugas. “Jumlah pestinya belum bisa diketahui, tapi ada puluhan ribu data pemilih baru yang masuk ke daftar kami setelah di coklit. Kemungkinan besar ini data pemilih pemula,” ungkapnya.

Selain banyaknya pemilih baru yang terdaftar, banyak juga pemilih yang dicoret lantaran dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Tapi banyak juga yang TMS dan dicoret dari daftar pemilih, seperti TNI Polri, dan juga yang sudah pindah rumah dan meninggal dunia,” ujar Mudjahid.

Untuk tahap selanjutnya, KPU saat ini masih menunggu tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan melakukan pleno hasil Coklit tersebut untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemiliha Hasil Pemutahiran (DPHP).

“PPS akan melakukan tahapan pleno, sampai 8 Juni nanti, dimana DP4 hasil coklit ini ditetapkan menjadi DPHP. Dan setelah itu plno tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai 9 sampai 14 Juni,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPIU Kota Tangsel, Moh Subhan juga mengatakan, bahwa untuk setelah pleno DPHP selesai, maka selanjutnya dilakukan pleno dari DPHP menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Pleno ini akan dilakukan oleh KPU Kota Tangsel mulai 15 sampai 17 Juni.

“Jadi nanti hari lebaran, kami tetap bekerja menyelesaikan pleno untuk menjadikan DPHP ini menjadi DPS. Semoga saja tidak ada kendala apa pun sampai persoalan daftar pemilih ini selesai semua menjadi Daftar pemilih Tetap (DPT),” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!