DPRD Apresiasi Perolehan WTP

Diterbitkan  Rabu, 30 / 05 / 2018 21:46 - Berita Ini Sudah :  192 Dilihat

SERPONG– Pemerintah Kota Tangerang Selatan kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Dengan didapatnya opini tersebut, apresiasipun disampaikan oleh sejumlah kalangan yaitu di antaranya dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel.

Apresiasi ditujukan sekaligus mengharap Pemkot Tangsel tidak lantas berpuas diri atas perolehan predikat WTP ini. Namun perlu dilakukan perbaikan-perbaikan agar terus dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Wakil ketua DPRD Kota Tangsel Moh Saleh Asnawi, mengatakan, bahwa perolehan WTP masih sebatas penilaian sudah sejauh mana Pemkot Tangsel menjalankan programnya sesuai denagn apa yang direncanakan.

“Namun ini bukan prestasi atas kualitas pembangunan yang dikerjakan, hanya soal sejauh mana pelaksanaan program yang sesuai dengan apa yang direncanakan. Sehingga, bagi kami peningkatan kualitas juga harus tetap dijaga,” ungkapnya.

Dia mengingatkan hasil perolehan WTP belum tentu berbanding lurus dengan kualitas pembangunan yang dikerjakan oleh dinas tertentu. Misalnya, pembanguan gedung 3 RSUD Kota Tangsel yang menurutnya bisa saja sudah berjalan sesuai dengan perogram kerja, tetapi belum tentu bagus dalam kualitas pembangunanya.

“Hal ini yang selalu kami ingatkan, jangan sampai hanya ingin mengejar WTP saja, tetapi kualitas pembangunanya tidak diperhatikan. Dan ini yang terus kami awasi sesuai dengan fungsi kami sebagai lembaga pengawas,” ungkapnya.

“Tentu kami sangat mengapreisiasi perolehan WTP ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPK Perwakilan Provinsi Banten, memberikan predikat WTP atas laporan keuangan 2017 Pemerintah Kota Tangsel. “Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas laporan keuangan Pemkot Tangsel tahun 2017, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan, maka BPK memberikan opini WTP atas laporan keuangan Tangsel,” kata anggota V BPK RI Isma Yatun.

Atas opini WTP ini, Isma mengatakan Tangsel telah mempertahankan opini WTP sebagaimana pada 2016. Prestasi ini, menurutnya, juga harus menjadi momentum untuk mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah. Namun, meski mendapat predikat WTP, BPK memberikan catatan terkait permasalahan pengelolaan aset.

Isma Yatun mengatakan, ada perbaikan pengelolaan keuangan yang dilakukan masing-masing daerah. Tahun sebelumnya, sebagian besar Pemkot masih menyusun laporan keuangan secara manual. Pada 2017 hampir seluruh pemda melakukan laporan dengan sistem aplikasi.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengucapkan rasa syukur sebesar-besarnya atas predikat WTP. “Ini merupakan predikat keenam yang diraih Pemkot Tangsel dalam pengelolaan keuangan daerah,” katanya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!