Disediakan OPD Masing-masing


THR TKS Cair Pekan Depan

Diterbitkan  Rabu, 30 / 05 / 2018 21:59 - Berita Ini Sudah :  289 Dilihat

CIPUTAT – Ribuan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) di lingkup Pemkot Tangsel sedikit bernafas lega menghadapi Lebaran tahun ini. Tak seperti Hari Raya Idul Fitri sebelumnya, kali ini mereka bakal mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) sama seperti Aparat Sipil Negara (ASN).

Pemerintah Pusat memang telah mengeluarkan kebijakan, untuk Lebaran kali ini, para ASN bakal mendapatkan gaji ke-14 berupa THR di Juni nanti. Begitu juga dengan para TKS. Namun untuk TKS, kebijakan soal THR akan diberikan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel,  Warman Syanudin menjelaskan, wacana pemberian THR kepada TKS sejak tahun lalu sudah dibahas di Pemerintah Pusat. Yang kemudian pemerintah daerah masing-masing menganggarkan pada anggaran murni tahun 2018 ini, dan akan dicairkan pada pekan depan mendekati Lebaran.

“Benar TKS tahun ini mendapatkan THR tidak seperti tahun sebelumnya, karena ini secara nasional kebijkan diberlakukan. Wacana pemberian THR bagi TKS sejak tahun kemarin sudah dibahas bersama,” katanya.

Saat ini tengah dibahas secara internal, soal besaran THR yang akan diberikan melalui anggaran APBD Tangsel. Sedangkan untuk waktu pemberian atau penyaluran THR pada awal Juni nanti beberapa hari jelang lebaran. THR bagi TKS salah satu upaya pemerintah memberikan penghargaan dan perhatian kepada para pegawai yang sudah diberikan gaji honor setiap bulan dan terdaftar di OPD.

“Sebagai bukti perhatian dan penghargaan pemerintah kepada para pegawai TKS yang ada di lingkungan Pemkot Tangsel. Membantu dalam segala aspek pelayanan, keamanan dan lain-lain. Adapun besaran nominalnya berapa disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada,” tuturnya.

Dari 9 ribu TKS di Kota Tangsel, terdiri dari para guru, pesapon, security ,dan para staf yang ada di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dari mulai kantor kelurahan hingga kecamatan. Sementara pegawai cleaning service, jika menggunakan pihak ketiga tidak termasuk pegawai TKS seperti di Balaikota. Sedangkan, para cleaning service di OPD, mereka memperoleh honor dan THR. “Penyaluran THR semua melalui rekening masing-masing langsung tidak ada tunai,” jelas Warman.

Sedangkan untuk PNS setiap tahun menerima gaji ke-14 atau persamaan dengan THR, yang diberikan juga pada awal Juni ini. Anggaran gaji ke-14 untuk PNS di Tangsel yang jumlahnya kurang lebih mencapai 5 ribu pagawai berasal dari APBN.

“PNS menerima gaji ke-14 dan gaji 13. Jika gaji keempat belas cair jelang lebaran atau awal Juni, sedangkan untuk gaji ke-13 cair pada Juli mendatang karena diperuntukan untuk dana pendidikan anak atau keluarga PNS,” jelasnya.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menerangkan, THR bagi TKS ada sudah dihitung di OPD masing-masing. Jadi tidak secara khusus disediakan untuk THR. TKS sebut Benyamin, tangung jawab masing-masing OPD, karena pemerintah sebetulnya tidak boleh merekrut TKS.

“THR untuk TKS adanya di masing-masing OPD. Setiap OPD tidak semua rata, jumlah TKS jumlahnya bervariasi ada yang sepuluh atau kurang, ada juga yang lebih tergantung dari jumlah kebutuhan dinas masing-masing,” imbuhnya.(din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!