DPRD Ingatkan Perusahaan Bayarkan THR

Diterbitkan  Minggu, 03 / 06 / 2018 22:50 - Berita Ini Sudah :  131 Dilihat

SERPONG– Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah memberikan peringatan tegas kepada seluruh perusahaan untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh karyawannya. Peringatan tersebut disambut positif Komisi II DPRD Kota Tangsel dengan turut serta mengingatkan agar THR dibayarkan tepat waktu.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tangsel Made Laksmi Pusparini, menegaskan, THR telah diatur dalam Undang-undang Ketanagakerjaan, sehingga tidak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak mengeluarkan THR para karyawan.

DPRD, sambung Made Laksmi, mengapresiasi langka dinas terkait membuka posko pengaduan THR bagi karyawan perusahaan yang ada di Kota Tangsel. “Kami mengapresiasi langkah tegas dari pemerintah untuk membuka posko pengaduan bagi karyawan, yang dengan sengaja tidak memberikan hak THR kepada karyawannya,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan agar ada pula sanksi tegas yang diberikan kepada perusahaan dengan sengaja melanggar aturan. “Jika ada aduan dan terbukti perusahaan itu tidak bayarkan THR, maka harus ada sanksi tegas agar kedepannya tidak ada lagi kejadian serupa,” tegasnya.

Sebelumnya, Posko THR diungapkan Kepala Disnaker Purnama Wijaya, sudah dibentuk. Pihaknya selalu mendirikan posko pengaduan THR sesuai aturan berlaku dalam Permen nomor 6 tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.

“Baru kemarin ditentukan. Saya sudah tandatangani. Bahwa semua perusahaan berkewajiban memberikan THR. Kami juga melayangkan surat edaran kepada semua perusahaan agar dipahami bersama,” katanya.

Perusahaan di Tangsel tercatat mencapai sebanyak 2.802. Semua jenis perusahaan wajib hukumnya memberikan THR. Perusahaan tersebut dimaksud mempekerjakan karyawan lebih dari 10 orang. Pemberian THR diberikan tujuh hari sebelum lebaran.

“THR wajib diberikan tujuh hari sebelum lebaran. Jika sampai tidak diberikan hingga lebaran kurang dua hari tanpa ada kejelasan dari perusahaan wajib melaporkan kepada posko supaya dapat ditindak lanjuti,” papar ia.

Besaran gaji bari karyawan yang sudah bekerja dari 12 bulan, maka perusahaan wajib memberikan THR satu kali gaji. Namun jika karyawan bekerja baru satu atau tiga bulan wajib diberikan THR dengan proporsional.(dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!