Ribuan Butir Siap Edar di Pagedangan, 26 Gulung Disita di Pondok Aren


Polisi Gerebek Rumah Produksi Petasan

Diterbitkan  Minggu, 03 / 06 / 2018 22:18 - Berita Ini Sudah :  153 Dilihat

PONDOK AREN– Upaya menciptakan rasa nyaman di bulan Ramadhan, Polres Tangerang Selatan dan jajaran mengamankan ribuan butir petasan siap edar di dua tempat berbeda. Lokasi pertama, polisi menggerebek rumah produksi petasan di Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Selain itu, menyita 26 gulung petasan di Parigi, Pondok Aren.

 

Penggerebekan pertama digelar petugas Polsek Pagedangan dan Tim Vipers Polres Tangsel di Kampung Kandang, Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan. Di tempat ini, polisi menyita ribuan petasan siap edar, lima karung bahan peledak pembuat petasan, 1 Kg potassium, sumbu siap pakai enam renteng, koran bekas dan 1.500 cangkang petasan serta alat pembuat petasan.

 

Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan didampingi Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ahmad Alexander Yurikho dan Kapolsek Pagedangan AKP Suhardono, Sabtu (2/6), mengungkapkan, polisi bersama Ketua RW 01 mendatangi sebuah rumah milik warga.

 

Namun saat didatangi petugas rumah tersebut sudah dalam keadaan kosong dan akhirnya petugas mendobrak pintu serta mengeledah rumah tersebut didampingi sejumlah saksi warga sekitar.

 

Petugas kemudian menemukan sedikitnya lima karung petasan siap edar dan sejumlah bahan peldak untuk membuat petasan. “Ada lima karung petasan yang berhasil ditemukan dan langsung dibawa untuk dijadikan barang bukti,” tuturnya.

 

Informasi didapat polisi dari warga sekitar yang mengetahui adanya aktivitas pembuatan petasan ini menyebutkan bawahwa setiap bulan puasa maupun bulan Desember petasan yang diproduksi di tempat ini dijual ke sejumlah pedagang di Jakarta, Tangerang, dan Bogor.

 

Sedangkan di tempat berbeda, penyitaan petasan sebanyak 17 gulung petasan ukuran besar dan 9 gulung ukuran sedang dilakukan jajaran Polsek Pondok Aren di rumah milik warga berinisial ZS warga Parigi RT 002/ 04 Pondok Aren, Tangsel.

 

Kanit Reskrim Polsek Pondok Aren Iptu Ahmad Mulyono, mengatakan, penyitaan petasan itu tidak terlepas dari peran aktif masyarakat yang memberikan informasi mengenai keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

 

“Penindakan itu berawal dari informasi masyarakat yang direspons petugas dengan melakukan patroli dan penertiban di lokasi yang diinformasikan warga,” katanya.

 

Pada patroli itu, petugas mendapatkan barang bukti yang sebanyak 26 gulung petasan ukuran besar dan sedang, yang disimpan dalam karung langsung rendam dengan air.

 

Setelah mendapatkan barang bukti, selanjutnya petugas mengamankan pelaku di Mapolsek Pondok Aren untuk dimintai keterangan, dilakukan pembinaan dan diberikan teguran keras untuk tidak mengulangi perbuatannya.

 

“Teguran keras kami berikan agar bisa menimbulkan efek jera kepada pelaku sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan nyaman,” pungkasnya. (irm)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!