Polres Bangun Poskotis H-7 sampai H+3


Kerawanan Jelang Lebaran Meningkat

Diterbitkan  Senin, 04 / 06 / 2018 22:03 - Berita Ini Sudah :  487 Dilihat

SERPONG-Potensi kerawanan jelang Lebaran siklusnya meningkat. Salah satunya karena banyaknya warga mudik meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Polisi mengimbau agar warga tetap waspada.

Wakapolres Tangsel, Kompol Bachtiar Alponso menegaskan, pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan melibatkan seluruh jajaran yang ada di Polsek-Polsek dan personel gabungan lainnya seperti TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan tim medis dari Dinas Kesehatan.

“Kami dari jajaran Polres Tangsel meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan jelang Lebaran. Banyaknya warga yang melakukan perjalanan mudik biasanya menimbulkan kerawanan. Maka kami berharap bagi warga yang melakukan perjalana mudik, masih ada saudara yang tidak mudik bisa tinggal sementara di rumah yang ditinggalkan,” pesannya.

Aparat kepolisian juga akan berpatroli ke perumahan-perumahan. “Bisa melalui catatan, misalkan pada pukul sekian kondisi rumah seperti apa, nanti dicek lagi. sehingga jika ada kerusakan atau ada yang aneh dapat diketahui. Ini lebih efektif diterapkan di masing-masing lingkungan,” tutur Bachtiar.

Polres juga akan membuka Pos Komando Teknis (Poskotis) H-7 hingga H+3 Idul Fitri. Poskotis tersebar di beberapa titik, yakni Pamulang Square, Flyover Ciputat, Bintaro Jaya, Jalan Bolevard, dan Serpong yakni dekat WTC.

“Tiap posko akan dijaga empat sampai lima polisi yang dilengkapi dengan senjata api dan rompi anti peluru. Ini sudah intsruksi dari pusat mengantisipasi kerawanan jelang Lebaran bahkan bukan hanya itu melihat insiden beberapa kali di lain tempat terjadi aksi teror,” sambungnya.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan mengantisipasi lingkungan jelang Lebaran, mengingat kerawanan biasanya tinggi. Pemilik rumah yang hendak mudik harus memastikan, kondisi rumah aman, terkunci, tidak ada gas yang masih terpasang, listrik harus dipadamkan dan paling penting melaporkan kepada keamanan lingkungan RT atau RW.

“Saya mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik dan meninggalkan rumahnya supaya lapor kepada RT setempat. Matikan listrik, gas dan kunci rumah dengan baik. apabila ada hewan peliharaan sebaiknya dititipkan di pet shop,” pesan Benyamin.

Lanjut ia, dalam mengcover pengamanan Lebaran, Pemkot akan mengerahkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bekerjasama dengan TNI dan Polri. Dinas Perubungan nantinya sebagai koordinator kegiatan Poskotis nanti. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!