PKB Dukung Larangan Mantan Napi Koruptor Nyaleg

Diterbitkan  Senin, 04 / 06 / 2018 21:34 - Berita Ini Sudah :  142 Dilihat

SERPONG– Larangan mantan narapidana (napi) koruptor untuk maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) masih ramai diperdebatkan di berbagai kalangan. Larangan itu tengah didorong masuk ke dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi persyaratan bagi partai politik yang ingin mendaftarkan calegnya.

Tidak sekadar ramai di ranah pusat, larangan mantan Napi koruptor nyaleg juga disuarakan politisi tingkat lokal yaitu di antaranya oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Banten Ahmad Fauzi.

Fauzi dengan tegas mengatakan bahwa PKB Banten mendukung KPU yang melarang mantan napi koruptor untuk ikut menjadi caleg atau mendaftar sebagai Bacaleg pada Pemilu 2019 nanti. “Menurut kami regulasi ini sangat bagus, tentu kami dari PKB mendukung jika ini menjadi persyaratan pendaftaran bacaleg pada Pemilu nanti,” ungkapnya.

Menurutnya, majunya mantan koruptor sebagai caleg akan mencederai DPR sebagai lembaga terhormat. DPR tingkat pusat sampai tingkat daerah seyogyanya harus benar-benar diisi orang yang memiliki rekam jejak yang bersih.

“Harus didukung lah, agar lembaga terhormat DPR jangan sampai dijabat oleh orang yang sudah terbukti korupsi, karena memang harus diisi oleh orang-orang yang bersih,” ujarnya.

Fauzi juga mengatakan, partainya tidak akan kecolongan dalam proses penjaringan bakal caleg. Pasalnya, data maupun rekam jejak setiap caleg dikantongi. Setiap caleg juga harus menandatangani pakta integritas.

“Kalau dia pernah korupsi dan terbukti pasti kita tolak saat di pendaftaran, karena kita ingin memberikan calon yang bersih kepada masyarakat,” ujarnya.

Terkait tahapan pelaksanaan rekrutmen bakal caleg, PKB melakukan fit and proper test untuk mengetahui pontensi dan jejaring masing-masing Caleg.

Dalam fit and proper test, caleg akan ditanya pengetahuannya mengenai Nahdlatul Ulama (NU), Pemilu dan bagaimana strategi pemenangan hingga menghantarkannya ke parlemen.

DPW PKB Banten bersama Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) masing-masing kabupaten dan kota di Banten juga memetakan perolehan suara. “Pemetaan dan membaca peluang. Insya Allah target bisa tercapai satu Dapil 1 kursi. Sesuai laporan LPP DPC juga pergerakannya sesuai konsep. Kita berharap LPP terus mengarahkan caleg dan Alhamdulillah semua dapil terpenuhi,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!