KAI Lantik 52 Advokat Baru

Diterbitkan  Selasa, 05 / 06 / 2018 21:26 - Berita Ini Sudah :  261 Dilihat

 

SERPONG– Sebanyak 52 advokat baru dilantik oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI) melalui sidang terbuka sebagai tanda telah tergabung dalam KAI.

Pelantikan tersebut digelar di salah satu hotel kawasan Serpong dan telah kali kedua diselenggarakan untuk pengangkatan sekaligus Pelantikan Advokat-advokat baru yang tergabung dalam organisasi tersebut. Dengan dilantiknya advokat baru, maka resmi berpraktik di lapangan secara sah di mata lembaga Hukum, terutama advokatĀ  yang bernaung dalam organisasi KAI.

Pengangkatan dan pelantikan anggota KAI dipimpin langsung oleh Presiden KAI Tjoetjoe Sandjaja Hermanto dan didampingi Ketua DPD KAI Provinsi Banten, Toni Sastra Jaya.

Presiden KAI, Tjoetjoe Sandjaja Hermanto mengatakan bahwa pengangkatan anggota baru KAI untuk melaksanakan ketentuan ayat 2 pasal 2 UU No. 18 tahun 2003, seorang advokat itu harus diangkat setelah mengikuti pendidikan ujian, seorang anggota harus ikut Pendidikan Khusus Profesi Advokad (PKPA) dan ikut ujian pengangkatan sesuai ketentuan lainnya serta harus ikut magang minimal 2 tahun.

“Untuk pengangkatan hari ini yang diikuti 52 anggota advokad baru semenjak KAI terbentuk pada tahun 2008 yang digagas oleh Adnan Buyung Nasution,” terangnya.

Ketua DPD KAI Provinsi Banten, Toni Sastra Jaya, mengungkapkan, hari ini adalah pengangkatan memasuki yang kedua kalinya dilaksanakan.

“Total semua advokat di Provinsi Banten ada 475 orang, dan yang hari ini diangkat 52 orang,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum menjadi advokat ada beberapa persyaratan dan juga tahapan yang wajib dilalui berupa pendidikan, PKPA, ujian dan magang minimal 2 tahun, kemudian pelantikan.

“Masih ada lagi sumpah di Pengadilan Tinggi Provinsi Banten, untuk melengkapinya sesuai UU memang sebenarnya harus ada ujian, dilantik dan harus magang selama dua tahun, tapi ada satu syarat dari pengadilan tinggi harus disumpah,” jelasnya.

Toni juga menambahkan bahwa sumpah yang belum dilakukan nanti akan dilakukan sumpah di Pengadilan Tinggi Provinsi Banten.

Seusai acara para anggota advokat baru diangkat kemudian saling baramah tamah dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng untuk memperingati Hari Jadi KAI ke-10 oleh Sekjend KAI Aprillia Supaliyanto.

Kegiatan itu juga bersamaan ulang tahun Ketua DPD KAI Provinsi Banten Toni Sastra Jaya, SH. MH., CIL yang ke-39 tahun dan santunan anak yatim serta berbuka puasa bersama. (dra)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!