Sebar Personel di Jalur Mudik

Diterbitkan  Selasa, 05 / 06 / 2018 22:25 - Berita Ini Sudah :  218 Dilihat

SERPONG-Untuk mengatasi kemacetan di jalur mudik, Pemkot Tangsel menerjunkan personel Dinas Perhubungan (Dishub). Setiap titik rawan macet, nantinya dijaga sebanyak delapan petugas.

Sejumlah jalur di Kota Tangsel yang biasa dipergunakan para pemudik yakni, Jalan Raya Muncul, Jalan Raya Serpong menuju pintu tol BSD, Jalan Raya Dewi Sartika Ciputat, Jalan Raya Ir Juanda Ciputat, dan beberapa jalur lainnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel, Aplahunajat mengungkapkan, jajarannya bersama dengan jajaran Polres dan TNI, organda, Satpol PP dan Dinas Kesehatan, Ormas, serta Pramuka bergabung dalam pengamanan Pospam yang tersebar di titik-titik tertentu yang ada di Tangsel. Dengan mengerahkan di setiap Pos Pengamanan Lebaran (Pospam) delapan anggota Dalops dilengkapi dengan satu komandan regu.

“Kami kerahkan personel untuk menjaga arus lalu lintas selama Pospam beropererasi sebelum dan sesudah lebaran. tujuanya supaya arus kendaraan yang ada di Tangsel berjalan lancar dan dapat terurai jika ada titik kemacetan,” katanya.

Dari pengamatan Dishub jelang lebaran, pendukung arus lalu lintas seperti rambu lalu lintas, marka jalan, trafic light termasuk juga Area Traffic Control System (ATCS) dalam kondisi baik, tidak ada yang trouble dan mengalami gangguan. Dengan kondisi baik itu mendukung proses kelancaran arus selama lebaran, baik proses mudik maupun arus balik.

“ATCS berfungsi memantau titik-titik secara rill kondisi terkini yang terpasang di beberapa lokasi. Hal ini cukup membantu sekali dalam mengontrol kondisi lalu lintas apakah terjadi kepadatan kendaraan atau tidak sehingga dapat teratasi dengan cepat,” tuturnya.

Ada 8 titik Pospam yang ditengarai rawan kemacetan di antaranya Pospam Induk Kantor Dishub Kota Tangsel, Psopam WTC Serpong, Serpong Utara, Pospam German Center, Serpong, Pospam Simpang Muncul, Setu, Pospam Pamulang Square, Pamulang, Pospam Flyover Ciputat, dan Pospam Terminal Pondok Cabe.

Melengkapi kesiapsiagaan jelang Lebaran, Dishub juga melakukan pemeriksaan operasional lebaran (Rampcheck) di kantong parkir Terminal Pondok Cabe, Pool-Pool bus, PO Prima Jasa Ciputat,Harapan Jaya Ciputat, Rosalia Indah, Ciputat, Dewi Sri di Setu, dan PO Kramat Djati Ciputat.

“Personel yang melakukan Rampcheck terdiri dari unsur Dishub, kepolisian, Dinas Kesehatan dan BNN dengan jumlah penguji sebanyak sembilan orang,” tambah Alpahunajat.

Selain itu, pihaknya turut melakukan pentuan kondisi jalan, dengan hanya melaporkan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) apabila melihat jalan rusak. Sepenuhnya kewenangan perbaikan jalan ada di DPU Tangsel.

“Untuk jalan dalam kewenangan provinsi dan pusat, Pemkot hanya dapat mengkoordinasikan dan mengusulkan. Apabila petugas Dalops di lapangan menemukan jalan rusak, kita laporkan ke Dinas PU,” tambah ia.

Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Lalu Hedwin Anggara menjelaskan, akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak agar kenyamanan dan keamanan pemudik bisa menjadi prioritas. Terutama pemudik melalui jalur darat seperti sejumlah ruas jalan seperti Jalan Raya Serpong dan jalan Pahlawan Seribu di Kota Tangsel bisa dilakukan perataan jalan berlubang.

“Untuk di Serpong memang ada yang rusak sedikit, alangkah baiknya dilakukan penambalan  atau pengaspalan untuk jalan berlubang, biasanya tidak memakan waktu lama. Sehingga pengguna jalan bisa mudik dengan selamat,” katanya.

Untuk pengamanan jalur mudik di wilayah hukum Polres Tangsel, pihaknya bersama stake holder terkait menyiapkan 7 posko mudik.

“Posko mudik Satlantas kami siapkan 7, di situ ada penguatan petugas untuk mengatur lalin agar kepadatan bisa cepat terurai. Untuk titik-titik kepadatan ini tentunya tidak sama dengan hari-hari biasa, jadi kami lakukan penambahan personel agar masyarakat bisa pulang kampung dengan lancar,” ucap Lalu.

Sebelumnya  Wakapolres Tangsel, Kompol Bachtiar Alponso menegaskan, pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan melibatkan seluruh jajaran yang ada di Polsek-Polsek dan personel gabungan lainnya seperti TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan tim medis dari Dinas Kesehatan guna pengamanan mudik Lebaran.

“Kami dari jajaran Polres Tangsel meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan jelang Lebaran. Banyaknya warga yang melakukan perjalanan mudik biasanya menimbulkan kerawanan. Maka kami berharap bagi warga yang melakukan perjalana mudik, masih ada saudara yang tidak mudik bisa tinggal sementara di rumah yang ditinggalkan,” pesannya.

Aparat kepolisian juga akan berpatroli ke perumahan-perumahan. “Bisa melalui catatan, misalkan pada pukul sekian kondisi rumah seperti apa, nanti dicek lagi. sehingga jika ada kerusakan atau ada yang aneh dapat diketahui. Ini lebih efektif diterapkan di masing-masing lingkungan,” tutur Bachtiar. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!