Pamulang Jadi Percontohan Bebas Jentik

Diterbitkan  Kamis, 07 / 06 / 2018 21:46 - Berita Ini Sudah :  239 Dilihat

PAMULANG-Upaya wilayah Kecamatan Pamulang bebas jentik nyamuk terus digalakan. Kemarin, sebanyak 78 supervisor dari 73 RW di Kelurahan Benda Baru dan Bambu Apus mendapatkan sertifikat Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

Acara tersebut digelar di lapangan Kantor Kecamatan Pamulang dan sertifikat diberikan langsung Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie. Benyamin menerangkan, dengan penyerahan sertifikat Jumantik membuktikan pengargaan atas capaian dan prestasi. Dengan diberikan sertifikat bagi yang sudah bebas jentik menjadi pemantik bagi RW atau kelurahan yang lain belum memperoleh.

“Terima kasih kepada 73 RW yang sudah bersertifikat dan dan kepada para lurah yang mendapatkan pemberian sertifikat. Berharap bagi lurah yang belum memperoleh sertifikat hari galakan agar segera mendapatkan sertifikat. Ini dapat terjadi berkat kerjasama para kordinator serta supervisior,” katanya.

Total keseluruhan dari 8 kelurahan ada 156 RW dengan target seluruhnya bebas jentik hingga Oktober mendatang. Upaya ini dengan harapan selesai sehingga saat ulang tahun Kota Tangsel tahun ini akan dideklarasikan sebagai kecamatan bebas jentik dan kecamatan pelopor.

“Setelah Pamulang dideklarasikan kecamatan bebas jentik akan diterapkan untuk kecamatan lain. Kecamatan Pamulang sebagai kecamatan percontohan,” tambah Benyamin.

Sementara, data sertifikat penghargaan diberikan kepada dua lurah dan dua menejer  yang telah sertifikasi yakni, Lurah Bambu Apus Subur S.Sos dan Lurah  Benda Baru Tata Surya. Dua penggiat Jumantik yakni, Yayah dan Dani. Keduanya membangun sistim informasi.

Dari 73 supervisor itu yaitu 24 RW supervisor Kelurahan Benda Baru diberikan sertifikat. Demikian juga 9 supervisor  Kelurahan Bambu Apus, 3 supervisor  Kelurahan Pamulang Barat, 4 supervisor Pamulang Barat, 1 supervisor Pamulang  Timur, 2 supervisor Pondok Cabe Ilir, 12 supervisor Pondok Cabe Udik dan 22 dari 18 RW supervisor Kelurahan Kedaung.

Camat Pamulang, Deden Juardi menjelaskan, dirinya optimistis dengan semangat tim yang ada di lapangan target semua RW bebas jentik tercapai. Sehingga mimpi 2018 Pamulang terbebas dari nyamuk terwujud. Banyak manfaat dengan bebasnya nyamuk, lingkungan menjadi sehat, turut menuntun masyarakat lebih peduli agar tetap menjaga kesehatan.

“Kami selalu optimis akan dapat mencapai target dan selesai tepat waktu bahkan bisa lebih awal dari perkiraan. Insya Allah saat ulang tahun Tangsel tahun ini Pamulang akan mendeklarasikan kecamatan pertama di Tangsel bebas nyamuk,” tambah.

Sekretaris Kecamatan Pamulang, Hamdani HS berpesan agar para Jumantik tetap semangat tanpa kendur untuk menyelesaikan sisa RW yang ada di beberapa kelurahan belum lulus sertifikat.

Sementara, Ketua Kelompok Kerja (Pokaj) DBD Kecamatan Pamulang, Subekti menjelaskan, baru kali ini penghargaan diberikan kepada nama yang berprestasi dengan menyebutkan nama orang satu persatu bukan kewilayahanya seperti Lurah Benda Baru Tata Surya dan Lurah Bambu Apus, Subur. Termasuk Camat Pamulang juga mendapatkan sertifikat. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!