Peringatan HANI 2018 di Tandon Ciater

Diterbitkan  Minggu, 01 / 07 / 2018 22:33 - Berita Ini Sudah :  161 Dilihat

SERPONG– Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Selatan, Minggu (1/7), menggelar peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada setiap 26 Juni. Kegiatan BNNK Tangsel ini digelar di Kawasan Tandon Ciater dengan dihadiri masyarakat.

Kepala BNN Kota Tangsel, AKBP Stince Djonso dalam sesi peringatan HANI dihadapan masyarakat yang melaksanakan senam bersama sekitar 100 orang menyampaikan, bahwa hidup sehat harus diupayakan dan terus dijaga. Selain itu masyarakat diminta agar memerangi narkoba, karena dampaknya merusak sendi-sendi kehidupan serta masa depan menjadi suram. Oleh karenanya, narkoba perlu dilawan dan dijauhi.

“Kegiatan ini sengaja digelar pada awal setelah libur Lebaran 2018, karena adanya kemungkinan pertambahan jumlah pendatang baru yang masuk ke wilayah Kota Tangsel belum banyak terpapar informasi tentang dampak dan bahaya Narkoba,” kata penggati AKBP Heri Istu yang kini bertugas di BNN Pusat ini.

Selain itu,  lanjut ia, Kota Tangsel merupakan daerah berkembang penyangga Ibu kota negara yang secara tidak langsung banyak terdapat tempat-tempat hiburan di dalamnya. Lebih dari itu dalam skala besar yakni Indonesia merupakan berada dalam segitiga emas perdagangan methamphetamine atau sabu dan sekarang ini trendnya perdagangan melalui transaksi online.

“Pesan narkoba melalui internet dan pesannya keluar negeri lalu dikirim ke Indonesia sekarang ini lagi trend. Untuk itu kita terus mengawasi dengan ketat peredaran gelap via online tersebut,” tambah Stince.

Sekali lagi dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendukung dan melaporkan segala bentuk peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba yang ada di lingkungan. Upaya pelaporan bagian dari melindungi diri sendiri dan keluarga serta para tetangga. Kepedulian sesama sangat diharapkan agar tidak ada celah potensi penjualan narkoba.

“Setelah acara pra HANI ini, akan ada acara Pasca HANI yaitu Tangsel Youth Festival dengan sasaran generasi muda yang ada di Tangsel,” imbuhnya.

Sedangkan untuk acara puncak peringatan HANI, bakal diperingati bersama dengan BNN pusat yang akan diselenggarakan bertempat di Lido Bogor Jawa Barat pada 12 Juli mendatang. Rencananya  akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Setiap tahun peringatan HANI dilakukan secara terpusat, tahun ini pun sama. Peringatan bagian dari kesadaran kita bersama bahwa pentingya berkampanye tentang bahaya narkoba itu pesan yang kami sampaikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Dalam sosialisasi itu, turut dikenalkan berbagai jenis narkoba dan bahaya serta dampak jika dikonsumsi. Jumlah narkoba kian bertambah. Ini menjadi pekerjaan rumah bersama baik pemerintah dan masyarakat bersama-sama bentengi narkoba.

Salah satu peserta senam, Riri yang memperoleh sosialisasi narkoba dalam peringatan HANI tersebut mengharapkan masyarakat waspada dan saling menjaga. Setelah mendengar penjelasan bahaya narkoba dan berbagai jenis narkoba, dirinya semakin mengetahui bahwa narkoba mengerikan. “Peredaran narkoba sangat mengerikan, bagi pecandu sulit untuk kembali. Maka perlu mawas diri,” tuturnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!