Warga Pondok Cabe Udik Antusias Sambut PTSL

Diterbitkan  Senin, 02 / 07 / 2018 23:12 - Berita Ini Sudah :  137 Dilihat

PAMULANG-Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) 2018 disambut gembira warga Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang. Karena peminatnya banyak, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangsel menambah kuota dari 50 bidang tanah menjadi 1.000 bidang.

Ketua Program PTSL Kelurahan Pondok Cabe Udik, Midar Mahmud mengungkapkan, bahwa warga antusias sekali dengan adanya PTSL ini. Terhitung sejak Maret hingga awal Juli ini sudah mendekati 1.000 bidang yakni, 850 surat yang diajukan oleh warga masuk ke kelurahan.

“Per hari ini (kemarin) sudah ada delapan ratus lima puluh surat yang sudah masuk di kelurahan. Targetnya satu pekan ke depan, kami akan menyerahkan ke BPN sekitar 300 bidang surat tanah, sisanya bulan berikutnya,” katanya.

BPN memberi tenggat waktu pada Agustus mendatang pengecekan bidang tanah dilakukan, kendati program berakhir pada Oktober nanti. “Sesuai target mampu dipenuhi Agustus sudah diserahkan semua. Beberapa bulan berikutnya BPN melakukan pengecekan data yang sudah diserahkan,” tukas Midar.

Persyaratan mengajukan PTSL berupa surat-surat tanah, keterangan saksi RT/RW, PBB , Kartu Keluarga, surat keterangan waris dan kuasa waris dikumpulkan jadi satu bundel diserahkan ke kelurahan. Kelurahan menyerahkan ke BPN jika dokumen persyaratan lengkap.

Sekretaris Kelurahan Pondok Cabe Udik, Abdul Malik menambahkan, bahwa PTSL sangat membantu masyarakat memperoleh sertifikat tanah. Sehingga kuota yang disediakan diserbu oleh masyarakat. “Masyarakat begitu antusias hadirnya dengan adanya PTSL ini. Karena sangat membantu warga memperoleh sertifikat tanah dengan mudah,” tukasnya.

Pondok Cabe Udik termasuk wilayah dengan jumlah lahan yang baru digunakan sekitaran 60 persen, sisa 40 persen lahan tidur. Selain itu kawasan ini tidak diizinkan mendirikan anggunan melebihi empat lantai. Hal ini berkenaan dengan dekatnya Bandara Pondok Cabe. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!