Hari Ini, KPU Buka Pendaftaran Bacaleg

Diterbitkan  Selasa, 03 / 07 / 2018 23:13 - Berita Ini Sudah :  154 Dilihat

SERPONG-Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran penyerahan berkas Pencalonan Bakal Calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Tangsel.

Anggota KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein mengatakan, bahwa proses pendaftaran tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018, dimana pendaftaran berkas pencalonan itu dimulai 4 sampai 17 Juli nanti.

“Tahapan pendaftaran pencalonan dan Bacaleg ini sudah dimulai besok (hari ini, red) sampai 17 Juli nanti. Dan seluruh partai politik harus sudah menyiapkan seluruh berkas-berkasnya,” ungkapnya.

Mudjahid menerangkan, dalam penyerahan berkas pendaftaran tersebut, tentunya seluruh parpol harus sudah terlebih dahulu melengkapi seluruh persyaratan pencalonan.

Jika ada pesyaratannya yang kurang, maka KPU belum bisa menerima berkas pendaftaran, sampai seluruh berkas persyaratan benar-benar dinyatakan lengkap. “Tetunya persyaratanya harus lengkap, dan nanti akan ada tim juga yang mengecek kelengkapan berkas para Bacaleg ini,” ungkapnya.

Beberapa persyaratan yang harus dilengkapai partai ialah, tentang kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan, tandatangan ketua partai sesuai dengan Surat Keputusan (SK), dan juga tentang pegisian daerah pemilihan (dapil) yang harus maksimal sesuai dengan jumlah kursi di setiap dapil.

“Sedangkan untuk persyaratan bacaleg itu, seperti biasa persyaratan pada umumnya, yaitu persyaratan seperti pada umumnya, seperti ijazah, KTA partai politik, dan juga beberapa berkas peribadi lainnya yang diatur dalam Peraturan KPU,” bebernya.

Bahkan Jahid mengatakan, untuk Pemilu 2019 ini ada tambahan persyaratan yang dibebankan ke partai politik, yaitu tidak boleh mencalonkan bekas narapidana korupsi, narkoba, dan juga pelecehan seksual.

“Tiga sayrata tambahan ini sudah kita umumkan juga ke seluruh partai politik, jadi kami harapkan tentunya partai politik taat akan aturan tersebut,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, bahwa bersamaan dengan itu juga memasuki tahapan verifikasi berkas yaitu mulai 5 sampai 18 Juli, setelah itu jika masih ada perbaikan, maka akan masuk tahap perbaikan.

“Saat pendaftaran ini kelengkapan berkas diutamakan, nanti akan berbarengan dengan tahapan verifikasi. Setelah itu jika ad aperbaikan seperti kesalahan dokumen maka akan masuk ke tahapan perbaikan selanjutnya,” ungkapnya.

Bambang juga mengingatkan kepada partai politik agar tidak mendaftarkan berkas pad saat hari-hari terakhir proses pendaftaran tersebut. “Kami berharap agar tidak menjelang akhir, karena agar kami bisa memiliki waktu cukup panjang untuk melakukan verifikasi,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!