72 Peneliti Gali Ilmu di BSD

Diterbitkan  Rabu, 04 / 07 / 2018 22:34 - Berita Ini Sudah :  128 Dilihat

BSD-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia menggelar workshop “Penguatan Kelembagaan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD) Tahun 2018” di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, kemarin.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti Patdono Suwignjo. Dalam kesempatan itu dia mengatakan, agar workshop tersebut mampu memberi manfaat luar untuk banyak pihak.

“Mudah-mudahan workshop ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan ke depannya dapat terjalin kerjasama yang lebih baik lagi, antara Lembaga-lembaga Peneltian, Perguruan Tinggi dan Idustri, agar inovasi didaerah itu dapat terjadi” Ucapnya

Di hadapan 72 Perwakilan BPPD yang hadir di Hall Nusantara ICE BSD, Patdono mengatakan, BPPD ke depan dapat berkembang untuk inovasi daerah. Ia mengambil contoh di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Jember sebagai daerah penghasil kopi dan kakao.

“Workshop ini digelar bertujuan agar dapat penguatan secara lembaga BPPD di daerah-daerah, dapat dilakuan terus menerus. Kalau dahulu penelitian hanya bersifat teoritis, sekarang penelitian itu harus mendorong untuk menghasilkan Inovasi dalam masyarakat, agar tercipta pengusaha-pengusaha muda berbasiskan IPTEK,” ungkapnya.

Kerjasama antara BPPD, Menristekdikti, perguruan tinggi, dan kalangan swasta sangat perlu ditingkatkan. Menarik dalam diskusi siang itu adalah Iqbal Peserta dari Perwakilan dari Forum Persatuan BPPD Indonesia Timur mengungkapkan kesulitannya terkait penelitian.

Dalam kesempatan tersebut ia berharap agar Kemeristekdikti dan Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Penelitian (LIPI) memfasilitasi untuk pelatihan penelitian.(dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!