Gabungan Organisasi Wanita Gelar Rakerda

Diterbitkan  Rabu, 04 / 07 / 2018 21:48 - Berita Ini Sudah :  229 Dilihat

CIPUTAT-Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tangerang Selatan baru saja selesai menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sekaligus Halal Bihalal dengan tema “Dengan Rakerda dan Halal Bihalal Kita Tingkatkan Koordinasi dan Peran Organisasi Wanita Kota Tangsel Untuk Masa Depan yang Sejahtera”. Acara berlangsung di Aula Kecamatan Ciputat, Rabu (4/7) dan menghasilkan beberapa poin penting.

Ketua GOW Tangsel, Hajah Fathiyah menjelaskan, dari pelaksanaan Rakerda ada tiga poin penting yaitu  pertama terkait visi dan misi, kedua tentang rekomendasi yang akan diajukan kepada Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan ketiga yakni penguatan organisasi. Rekomendasi yang dimaksud untuk meminta kepada walikota menyediakan kantor GOW sebagai sekretariat. Sedangkan penguatan keorganisasian agar memiliki struktur yang jelas.

“Selama ini kantornya masih numpang di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMPPPAKB). Diharapkan dengan pengajuannya nanti Pemkot Tangsel memberikan tempat untuk sekretariat. Sementara itu untuk penguatan organisasi akan dilakukan secara internal GOW berikutnya akan berkunjung kepada seluruh organisasi yang tergabung di GOW sebanyak 50 organisasi,” katanya.

Ada 70 organisasi di Tangsel, tetapi baru sebanyak 50 bergabung dalam GOW. Dari 50 yang tergabung di GOW, baru 37 sudah resmi terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas). GOW fokus akan membina organisasi yang belum terdaftar. GOW sendiri akan memberikan pembinaan menyusun anggaran dasar anggaran rumah tangga, struktur kepengurusan yang jelas.

“Kami akan bina organisasi yang belum terdaftar utamanya melengkapi AD/ART, struktur keanggotaan dan kelengkapan organisasi lainnya. GOW hadir untuk bisa terjun ke tengah masyarakat dan mengangkat harkat dan martabat kalangan wanita di Tangsel sehingga dapat berpartisipasi secara aktif membangun Tangsel ini,” tambah ia.

GOW memiliki banyak program meliputi ekonomi, pendidikan, keagamaan, sosial dan politik dan hukum serta hak asasi manusia dan berbagai kegiatan lainnya. Program-program ini akan diterapkan secara berkelanjutan di masyarakat, sehingga hadirnya GOW benar-benar memiliki pengaruh positif dalam tatanan kehidupan masyarakat Tangsel.

Kepala DPMPPPAKB Kota Tangsel, Khaerati dalam sambutannya menyampaikan bahwa GOW harus membina organisasi yang belum terdaftar ke Kesbangpolinmas agar keberadaanya secara resmi dan diakui. Organisasi sangat diperlukan dalam tatanan masyarakat agar bisa eksis dalam melakukan kegiatan positif secara kolektif.

“Kami sangat mengharapkan GOW sebagai organisasi besar yang harus tangguh berperan dalam masyarakat utamanya di lingkungan keluarga, terutama internal keluarga. Sebab,  kita ketahui bahwasanya keluarga sebagai modal utama dalam membangun tatanan kehidupan dan negara,” pesannya.

Kherati pun menyampaikan sambutan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany. Pesan Airin agar keberadaan GOW dapat bersinergi dengan program kegiatan Pemkot Tangsel yang ada di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Pemkot aengajak agar bersama-sama saling mendukung dalam pembangunan sosial masyarakat Tangsel.

Acara itu turut dihadiri di antaranya Organisasi Bayangkari, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Kota Tangsel, Perempuan Lintas Banten Kota Tangsel, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Tangsel, Muslimat NU Kota Tangsel, Pengajian Al Hidayah Kota Tangsel dan berbagai organisasi lainnya. Selama acara berlangsung dari berbagai organisasi saling  membawa makanan untuk disajikan bersama-sama. Hal ini untuk menunjukkan kekompakan dan kebersamaan tumbuh dengan kental. (din)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!