Kelurahan Cempaka Putih Bersiap Lomba ke Tingkat Banten

Diterbitkan  Rabu, 04 / 07 / 2018 22:35 - Berita Ini Sudah :  141 Dilihat

CIPUTAT TIMUR-Setelah memenangi Lomba Kelurahan tingkat Kota Tangsel pada Mei silam, kini Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur bersiap tampil di Banten. Penilaian tingkat provinsi itu akan dilakukan pada 19 Juni mendatang.

Lurah Cempaka Putih, Tarmizi mengungkapkan, persiapan untuk lomba tingkat Banten itu sudah mencapai 85 persen hingga Senin pekan ini. Sekarang tengah memantapkan seluruh persiapan, pengumpulan data, dan mendata apa saja yang menjadi variabel perlombaan. Di samping itu rapat-rapat terus dilakukan untuk lebih matang lagi.

“Rapat-rapat persiapan terus berjalan untuk melakukan tahapan-tahapan apa saja yang belum dan yang sudah, sehingga secara matang dapat diketahui,” katanya usai rapat di Kantor Kelurahan Cempaka Putih bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, kemarin.

Variabel perlombaan melibatkan semua unsure. Pertama, bidang pemerintahan di dalamnya administrasi kelurahan. Kedua, bidang kemasyarakatan dan ketiga bidang pembangunan. Bidang pemerintahan meliputi administrasi di lingkungan kelurahan. Bidang pembangunan seperti fisik gedung kelurahan, jalan, penataan lingkungan, pembanguan ekonomi, pembangunan fisik. Dan ketiga bidang kemasyarakatan, seperti Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) dan lain-lain.

Selain itu, penilaian juga meliputi tentang pendidikan, sosial budaya, dan kesehatan. Intinya semua elemen penting dalam tatanan masyarakat didata untuk dilihat oleh tim penilai apakah memang benar ada atau tidak.

“Bidang pendidikan misalnya mendata semua lembaga baik dari TK hingga perguruan tinggi. Kebetulan lingkungan Cempaka Putih sangat dekat dengan kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang masih masuk dalam wilayah Cempaka Putih. Termasuk melibatkan koperasi dan UKM serta IKM, industri rumahan baik makanan, kerajinan tangan, fashion dan berbagai jenis usaha lainnya yang ada,” imbuhnya.

Kabag Pemerintahan Setda Tangsel, Widodo Hari Lusinto dalam rapat yang digelar kemarin, mengharapkan kepada OPD dapat turut memembantu keterlibatan demi kelancaran lomba kelurahan tingkat Provinsi Banten ini. OPD terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan dinas-dinas yang lain sangat dinanti bantuannya.

“Kami berharap agar semua OPD terkait membantu dukungan terlaksananya capaian-capaian perlombaaan tingkat provinsi. Cempaka Putih mewakili Kota Tangsel, tentu kita optimis bisa berjalan dengan baik sesuai harapan dan doa,” katanya.

Widodo menambahkan, tentu lomba ini bukan sekadar seremonial semata, tapi bagaimana kelurahan bisa menampilkan hal terbaiknya. “Dengan lomba seperti ini turut mengajak kelurahan yang lain bisa mengikuti memfungsikan seluruh elemen terkait yang ada di kelurahan. Sehingga bukan hanya seremoni belaka, tapi akan ada  banyak manfaatnya. Dengan lomba akan dilihat bagaimana sistim administrasinya selama ini, bagaimana pembinaan kepemudaaan yang ada di wilayah dan lain-lain,” tuturnya. (din)

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!