Koperasi Abdi Kerta Raharja Jaring Calon Anggota di Pamulang

Diterbitkan  Jumat, 06 / 07 / 2018 22:18 - Berita Ini Sudah :  174 Dilihat

PAMULANG-Koperasi Abdi Kerta Raharja menjaring warga Pamulang sebagai calon anggota. Koperasi yang kini sudah memiliki 12 kantor cabang se-Banten ini menggelar sosialiassi dengan tema “Pola Gebrak Sipintar Gerakan Brantas Kemiskinan Melalui Simpanan Pinjam Tanpa Anggunan dan Resiko” di Aula Kantor Kelurahan Pamulang Barat, belum lama ini.

Bendahara Koperasi Abdi Kerta Raharja, Dachlila mengungkapkan, di tengah banyak koperasi yang tidak jelas keberadaannya, sehingga banyak mengelabui masyarakat, maka pihaknya tak ingin seperti itu. Belakangan banyak anggota koperasi mengalami kerugian, karena menjadi keanggotaan koperasi yang akhirnya tidak jelas keberadaannya.

“Kami memperkenalkan kepada masyarakat sebagai bentuk sosialisasi agar dikenal. Tak ingin dicap koperasi yang tidak jelas sebab kita ketahui bersama ada beberapa kejadian akhirnya nasabah yang dirugikan. Maka perlu disosialisasikan agar masyarakat mengenal keberadaan kami,” katanya.

Lanjutnya, perlu membangun keterbukaan, menampakan wajah agar dikenal masyarakat dan mereka membangun kepercayaan. Masyarakat pun perlu memahami mana koperasi yang benar-benar jelas, mulai dari perizinanya, dan lain-lain supaya nasakah tidak dibohongi dan dirugikan. Perlu mengenal lebih jauh secara kelembagaannya.

“Kalau kami izinya sudah lengkap dari Badan Hukum Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI nomor 866/BH/MENEG.I/X/2009 dengan nomor induk koperasi 3603003010010,” tambahnya.

Pola yang akan diterapkan akan terjun ke lingkungan di setiap RT dan RW. Nanti per RT dapat membentuk kelompok maksimal 40 orang. Per kelompok ini nantinya mengagendakan pertemuan setiap seminggu sekali sebagai wujud abesen kehadiran. Nantinya pun ada petugas dari koperasi yang selalu hadir setiap kali pertemuan.

“Sitem yang kami buat sebagai koperasi simpan pinjam tanpa agunan. Jadi sebagai jaminannya bagi masyarakat harus hadir setiap kali mengadakan pertemuan di kelompok masing-masing sesuai dengan kesepakatan harinya,” tambahnya.

Bunga yang ditetapkan antara 0-2 persen, bahkan untuk kaum dhuafa 0 persen dengan tujuan membantu mereka. Kehadiran koperasi simpan pinjam tanpa agunan ini untuk membantu permodalan mansyarakat supaya usahanya bisa lancar dan berkembang. Bunga 0-2 persen tentu sangat kecil sekali, kebijakan ini diterapkan karena memang untuk masyarakat tidak kebaratan.

Pimpinan Koperasi Abdi Kerta Raharja Cabang Ciputat Ersa mengungkapkan, dirinya setiap terjun langsung menjumpai warga di wilayah Pamulang yang ditargetkan antara wilayah Ciputat dan Pamulang hingga Desember tahun ini 1.500 menjadi anggota. saat ini untuk wilayah Ciputat sudah masuk sekitar 500 orang.(din)

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!