Lebaran Betawi 2018 Bakal Lebih Semarak

Diterbitkan  Jumat, 06 / 07 / 2018 22:18 - Berita Ini Sudah :  220 Dilihat

LEBARAN BETAWI: Terlihat sejumlah orang melakukan aktivitas di lebaran Betawi, Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Jumat (6/7). Lebaran Betawi yang setiap tahun di adakan tersebut sebagai bentuk untuk menjaga kelastarian budaya Betawi dan mempererat silaturahmi sesama warga Betawi.

PONDOK AREN-Lebaran Betawi ke-4 2018 di Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren resmi dibuka Walikota Airin Rachmi Diany, pagi ini. Airin juga akan mengikuti prosesi hantaran bersama Wakil Walikota Benyamin Davnie.

Lebaran Betawi tahun ini mengusung tema “Menggali Potensi Seni, Budaya dan Tradisi Betawi Dalam Industri Pariwisata”. Dibuka sejak Jumat kemarin diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba kasidah, santunan anak yatim piyatu dan dhuafa, festival rampak bedug, serta kongkow dengan tokoh betawi seperti Ridwan Saidi, Anggota Komisi II DPRD Tangsel Syihabudin, dan Camat Pondok Aren Makum Sagita.

Hari ini, kegiatan dimulai dengan prosesi acara hantaran yang akan disambut sejak pukul 08.00 WIB hingga selesai. Dalam penyambutan Walikota dan Wakil Walikota akan dibuka dengan palang pintu, serta tari sirih kuning dilanjut dengan pembukaan pembacaaan Al Quran serta laporan panitia kegiatan serta sambutan ketua Lima Beta.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Agus Budi Darmawan menyampaikan,  Walikota dan Wakil Walikota akan tampil mengenakan baju adat Betawi seperti sebelum-sebelumnya. Namun akan berbeda dikarenana seolah-olah bakal menjadi orangtua menerima kiriman dari anak-anaknya.

“Ibu Airin dan Pak Wakil bakal duduk di atas panggung mengenakAn baju adat Betawi menunggu anak-anaknya datang membawa berbagai jenis makanan. Anak-anaknya ini diperankan oleh seluruh camat se-Kota Tangsel,” katanya.

Para camat tampil secara unik yang diiringi oleh para lurah, staf kecamatan dan kelurahan sambil membawa berbagai jenis makanan. Misalkan, Kecamatan Setu memiliki ciri khas, kacang kranggan, dodol dan lain-lain tentu akan dibawa. Camat Serpong ciri khasnya tahu Serpong pasti akan membawa lengkap dengan berbagai jenis menu tambahan lainnya.

Rencananya di Lebaran Betawi kali ini juga akan dihadiri Gubernur Banten, H Wahidin Halim serta sejumlah menteri. “Banyak petinggi akan hadir, mendukung acara ini. karepan targetnya menasional sebagai bagian dari destinasi wisata tentang tradisi Betawi yang ada di wilayah Jurang Mangu Barat, Pondok Aren Tangsel,” tuturnya.

Ketua Panitia Lebaran Betawi, Rudi Chirenk menyampaikan, Lebaran Betawi sudah menjadi agenda warga Jurang Mangu Barat bersama Lingkar Masyarakat Betawi Tangerang Selatan (Lima Beta).

“Untuk itu kegiatan ini harus tetap terlaksana setiap tahunnya. Kita bersama-sama melihat antusias masyarakat baik Tangsel juga Jabodetabek hadir di acara Lebaran Betawi ini,” tuturnya.

Ketua Lima Beta, Hambali Ibnu Mansyur mengatakan, acara rutin tahunan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur pedagang lokal yang ada di sekitar. Nantinya 40 persen nilai transaksi ditujukan untuk masyarakat dan 60 persen untuk membantu pembiayaan acara.

“Ada sebanyak 100 stan yang turut berpartisipasi dengan target transaksi mencapai Rp 400 juta. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, total pengunjung tidak kurang dari 10.000 orang. Bahkan mencapai 20.000 orang dengan nilai transaksi minimal satu orang Rp 20 ribu,” katanya. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!