Pelestarian Situ Gintung Jadi Komitmen Bersama

Diterbitkan  Minggu, 08 / 07 / 2018 23:00 - Berita Ini Sudah :  126 Dilihat

CIPUTAT TIMUR-Pemerintah setempat baik Kelurahan Cirendeu bersama Kecamatan Ciputat Timur berkomitmen menjaga kawasan Situ Gintung menjadi arena steril dari sampah. Kominten tersebut diantaranya ditujukkan dengan dibersihkannya keramba pada beberapa waktu lalu dan secara rutin melakukan pemantauan serta kebersihan.

Lurah Cirendeu Win Fadlianta menyampaikan pihaknya bersama jajaran kelurahan serta paguyuban RT/RW Kelurahan Cirendeu berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan Situ Gintung. Secara berkala hampir bersama-sama hadir ke bantaran Situ Gintung untuk kerja bakti membersihkan sampah yang terkadang berserakan hingga rumput-rumput tumbuh yang merusak keindahan.

“Kami selalu berkomunikasi antara sesama baik dengan jajaran kelurahan serta paguyuban dan Bapak Camat untuk melakukan kerja bakti bersama di kawasan Situ Gintung ini. Tujuannya agar Situ Gintung tetap terawat, sehingga indah, lestari, bersih dan nyaman untuk dikunjungi oleh siapapun,” kata Win.

Dijelaskannya, menjaga bantaran dilakukan agar tidak dicemari oleh sampah. Hal ini menjadi salah satu upaya menjaga kualitas air. Kondisi berbeda setelah keramba tidak ada lagi, warna air pun semakin jernih.

Dirinya meminta kepada warga sekitar bersama-sama menjaga dan melestarikan situ Gintung, bukan hanya sebagai tempat rekreasi semata, namun juga sebagai tempat penjaga di kala kemarau.

“Manfaat situ banyak, bukan saja tempat joging saat hari libur, bukan juga menjadi tempat memancing, tapi ada hal jauh lebih penting yaitu penampungan air. Baik dikala musim penghujan supaya tidak banjir demikian saat kemarau panjang tidak akan kekeringan,” tambahnya.

Camat Ciputat Timur, Durahman menambahkan, semangat gotong royong harus ditumbuhkan. Jika tidak ada penggerak dari perangkat kelurahan dan kecamatan, sulit untuk mengandalkan yang lain. Lurah harus selalu semangat untuk memotori gerakan gotong royong di lingkungan Cirendeu, baik di RT dan RW juga di kawasan Situ Gintung kendati kewenangan ada di pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah saling menjaga karena ini aset negara yang harus dilindungi dan dilestarikan. Ciputat Timur termasuk kecamatan yang beruntung karena cukup banyak situ, seperti Situ Gintung, Situ Rompong, Situ Legoso, Situ Bungur,” tambah ia.

Pihaknya mengimbau di arena Situ Gintung tidak boleh dicemari sampah. Jika hendak membuang sampah harus pada tempatnya yang sudah disediakan. Tidak boleh merusak fasilitas umum agar dapat dirasakan bersama-sama.

Situ Gintung memberikan keuntungan tersendiri bagi warga. Selain untuk area olahraga, tak sedikit dijadikan ladang usaha berdagang lantaran warga yang datang dari mana-mana. Pengunjung banyak memanfaatkan area untuk olahraga, selanjutnya membeli makan dan minum. “Kami juga selalu imbau kepada warga yang membuka usaha agar tetap jaga kebersihan dan seling mengingatkan ketertiban serta keamanan,” pesannya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!