Kelurahan Pamulang Barat Gagas Aplikasi RT Online

Diterbitkan  Senin, 09 / 07 / 2018 23:13 - Berita Ini Sudah :  147 Dilihat

PAMULANG-Guna mempermudah tugas para ketua RT, Kelurahan Pamulang Barat menggagas jejaring RT Online yang dikendalikan oleh server tersendiri. Dengan RT Online dapat dengan mudah melacak warga, melalui foto, alamat rumah dan data kependudukan lainnya.

Lurah Pamulang Barat, Supriyadi mengungkapkan, gagasan ini sudah ditawarkan kepada para ketua RT dan mereka sepakat. Jika sudah selesai aplikasinya segera bakal diluncurkan.

“Tahun ini sedang dikembangkan. Sudah menginformasikan kepada para RT, untuk kita tawarka, tapi sembilan puluh persen semua pada setuju. Karena ini untuk mempermudah tugas para RT,”  katanya.

Ada banyak menfaat melalui jaringan RT Online nantinya, di antaranya dapat mengcover semua data warga di masing-masing wilayah, mulai dari jumlahnya, luas wilayahnya bahkan nanti bisa diunggah foto, sehingga akan lebih mudah untuk dikenali. Ketua RT bakal dimudahkan ketika ada warganya hendak mengurus surat pengantar dipastikan mengenalnya.

“Kami akan meluncurkan RT Online agar bisa menginformasikan jumlah penduduk di masing-masing lingkungan. Dengan aplikasi ini, dapat mencakup data jumlah warga, luas wilayah, siapa saja nama-namanya dan lain sebagainya,” kata Supriyadi.

Kemudahan lain, apabila ada warga hendak meminta surat pengantar kepada RT, namun berhubung tidak ada di rumah, warga dapat melalui jaringan online. RT yang bersangkutan akan langsung meresponnya dengan membuka aplikasi dapat diketahui nomor rumah, RT/RW atas namanya siapa.

“Era modernisasi kita harus bersahabat dengan digital, karena itu untuk memudahkan tugas kita sehari-hari di tengah kompleksitas tatanan masyarakat era sekarang. Kami memohon doa semoga rancana ini akan diberikan kelancaran,” tuturnya.

Pencetusan RT Online bukan untuk gagah-gagahan tapi memang sesuai visi dan misi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany Tangsel Kota Cerdas, Berkualitas dan Berdaya Saing Berbasis Teknologi dan Inovasi. Arah ini harus diikuti oleh jajarah yang ada di bawahnya sehingga arah pembangunan sesuai harapan.

“Ini sesuai dengan visi dan misi Ibu Walikota. Kelurahan cerdas, berkulitas berdaya saing dan berbasis teknologi serta inovasi  dalam bentuk RT Online. Inilah upaya kami di tingkat kelurahan agar sesuai dengan arah pembangunan,” tambah ia.

Afifudin, salah satu warga RT 03 Kelurahan Pamulang Barat mengaku setuju jika pengurus RT di lingkungan sudah memanfaatkan jaringan online. Saat ini jika tidak memanfaatkan berbagai aplikasi untuk memudahkan tugas sehari-hari rasanya akan tertinggal.

“Kami sebagai warga mendukung semua program pemerintah untuk lebih baik dan memberikan kemudahan bagi warga,” tuturnya.  (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!