Panwaslu Tangsel Tertibkan 547 APK Liar

Diterbitkan  Senin, 09 / 07 / 2018 20:54 - Berita Ini Sudah :  96 Dilihat

CIPUTAT-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangsel telah menginventarisir dan menertibkan sebanyak 574 Alat Peraga Kampanye (APK) liar. Seluruh APK yang ditertibkan terbukti telah melanggar Surat Edaran Bawaslu RI mengenai langgar tahapan kampanye.

Dari hasil temuan tersebut, Anggota Panwaslu Kota Tangsel, Ahmad Jajuli, mengatakan bahwa seluruh partai ditemukan melanggar tahapan kampanye tentang pemasangan APK.

Dimana menurut Jajuli sapaan Ahmad Jajuli, tahapan kampanye secara aturan sudah bisa dimulai pada September


TUNJUKAN DATA, Anggota Panwaslu Kota Tangsel Ahmad Jajuli saat menunjukandata jumlah APK liar, di sekretariat Panwaslu Tangsel, Ciputat, kemarin.

nanti ketika sudah ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT).

Sehingga, sebelum memasuki tahapan tersebut maka partai politik atau pun Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dilarang melakukan kegiatan kampanye. Dan yang hanya diperbolehkan ialah melakukan rapat internal partai politik dan juga emas angan bendera partai saja tanpa ada ajakan kampanye.

“Sebanyak 547 APK liat yang kami tertibkan, dan APK ini tersebar di seluruh kecamatan dan semua partai politik. Dan ini kami tertibkan berdasarkan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0691,” paparnya.

Hingga saat ini tim dari Panwaslu kota Tangsel juga masih terus melakukan patroli ke semua titik, guna memastikan apakah masih ada pemasangan APK liar yang dipasang partai politik atau Bacaleg.

“Kami masih terus keliling untuk patroli, karena sampai saat ini surat edaran itu masih berlaku. Jadi kalau masih ada yang melanggar lagi tentu akan langsung kami tertibkan,” ujarnya.

Jajuli juga meminta agar seluruh partai politik agar menahan diri, sampai pada batas kampanye yang telah ditetapkan di Peraturan Komisi Pemiliham Umum (PKPU).

“Kami minta juga agar partai politik menahan diri, dan menginstruksikan pula kepada seluruh Bacaleg di partainya agar tidak melanggar aturan yang ada,” tegasnya.

Jajuli juga berharap, nanti ketika masuk dalam tahapan kampanye pun agar semua partai politik dan Bacaleg melakukan kampanye sesuai dengan aturan yang ada.(dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!