Melihat Persiapan Atlet Dayung Tampil di Porprov Banten 2018


Minim Peralatan, Berpindah-pindah Tempat Latihan

Diterbitkan  Rabu, 11 / 07 / 2018 22:58 - Berita Ini Sudah :  185 Dilihat

Para atlet dayung binaan Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi)Kota Tangsel sedang giat berlatih di Situ Tujuh Muara, Pamulang guna persiapan tampil di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten 2018 di Kabupaten Tangerang. Mereka tak kenal lelah mengayuh dayung dari perahu kecil.

SUDIN ANTORO-Pamulang

Para atlet dayung ini rata-rata masih pelajar. Mereka memanfaatkan waktu di sela kegiatan sekolah saat sore hari antara pukul 14.00 hingga 17.30 WIB. sedangkan saat hari libur, latihan dimulai pukul 08.00 hingga selesai.

Sekretaris Umum Pengcab Podsi Kota Tangsel, Dodi Haryanto memandu setiap pergerakan anak didiknya di atas perahu. Para peserta memegang dayung satu per satu mengayuh secara bersama-sama. Dengan aba-aba rengkuhan dayung melesat cepat. Kekuatan dan kekompakan menjadi kunci kesuksesan untuk memenangkan pertandingan.

“Butuh kekompakan bersama dalam olahraga dayung ini. Tenaga harus kuat, karena kekuatan ada pada kecepatan dayung agar ringan berjalan di atas air,” kata Dodi.

Atlet dayung di Tangsel kini berjumlah 15 orang, 7 di antaranya sudah senior, 8 sisanya masih junior. Para atlet tetap berlatih keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Melakukan latihan satu kali dalam sepekan sudah terjadwalkan. Latihan ini tak hanya sebagai persiapan Porprov, namun ada agenda perlombaan lain semisal Festival Cisadane yang setiap tahunnya digelar di Kota Tangerang. Biasanya atlet dayung asal Tangsel selalu berpartisipasi.

“Saat ini pengurus Podsi sedang mempersiapkan sejumlah atletnya untuk mengikuti beberapa lomba di antaranya selain Porprov Banten ada Festival Cisadane. Meski kami saat ini terkendala tempat latihan dan dayung yang tidak memadai, pengurus tetap berusaha maskimal agar atlet dapat meraih prestasi untuk mengharumkan nama Tangsel,” tukasnya.

Pengurus pasang target di Porprov Banten 2018 yang digelar November mendatang, para atlet mampu mengondol 6 emas. Sebelum berlatih di Situ Tujuh Muara ini, para atlet menempa diri di Situ Pondok Jaung, Serpong Utara, namun blantaran tempat penyimpanan peralatan dibongkar akhirnya pindah ke Pamulang

Bagi calon atlet dayung, Podsi Tangsel masih membuka kesempatan lebar. Nantinya calon atlet akan digembleng untuk menguasai teknik-teknik bagaimana menjadi atlet dayung yang handal dan berjiwa prestasi.

Atlet dayung terbagi beberapa cabang di antaranya kayak, kano dan dragon dengan pematangan teknik fisik long 20 kilometer dan teknik star. Dari masing-masing cabang misalnya dragon 12 dalam satu regu sebanyak 12 orang, kayak 10 orang dan cano 5 orang.

Sementara, Podsi Tangsel saat ini baru memiliki perlatan dragon boat 2 unit, kayak singel 3 unit dan kano 2 unit. ”Peralatan yang kita punya saat ini masih kurang,” tukas Dodi.

Ketua Pengcab Podsi Kota Tangsel, Prima Abdurahman selalu memberikan semangat untuk para atlet agar selalu optimistis dan giat berlatih. Menurutnya, kunci keberhasilan dari pertandingan adalah yakin, optimis dan berjiwa juara. Landasanya berlatih secara tekun dan berusaha keras agar dapat mencapai hasil dengan maksimal.

Dia yakin atlet dayung asal Tangsel selalu memberikan prestasi terbaiknya dalam berbagai ajang kejuaraan. “Tentu ini atas dukungan masyarakat, para orangtua dan pengurus Podsi Tangsel selama ini. Mereka mampu mengharumkan nama Tangsel di berbagai derah dalam berbagai kejuaraan lomba dayung,” bebernya.(*)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!