REI Banten Lakukan Koordinasi Harga Rumah Bersubsidi

Diterbitkan  Rabu, 11 / 07 / 2018 22:12 - Berita Ini Sudah :  188 Dilihat

SERPONG-Real Estate Indonesia (REI) DPD Banten sedang mengupayakan penyamaan terkait harga rumah bersubsidi di daerah Tangerang dan Banten. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD REI Banten, Roni Hardiyanto Adali, seusai halal bihalal di Serpong Utara, Kemarin.

“Saat ini sedang kita lakukan koordinasi dengan beberapa instansi yang memiliki kepentingan. Agar menemukan solusi terkait penyesuaian harga ini,” katanya.

Dia menjelaskan untuk wilayah Serang satu unit rumah bersubsidi bernilai Rp 130 juta sementara di Tangerang Raya berkisar Rp 148 juta. Artinya ada selisih signifikan terjadi di dua daerah tersebut. Padahal setelah dianalisa unsur penentuan harga tidak berbanding jauh baik itu di Tangerang atau di Serang.

“Misalnya UMR, selisihnya tidam jauh, kemudian material pembuatan rumah juga. Lalu bahan pangan juga tidak jauh berbeda. Makanya kita usulkan supaya ini bisa di sesuaikan, sekarang masih 12 persen namun kami ingin selisihnya hanya 5 persen,” katanya.

Dia menambahkan, toleransi selisih harga rumah bersubsidk diwajarkan jika hanya mencapai lima persen saja. Misalnya jika di Tangerang harga ruma subsidi bernilai Rp 160 juta, maka di Serang harusnya Rp 150 juta.

Di tempat yang sama Kanwil Jamkrido Serang Asep Hadiana menjelaskan pihaknya mendukung rencana penyesuaian harga yang diusung oleh REI. Bahkan ia mengklaim bahwa Jamkrido sudah melakukan kosepakatan soal kerjasama ini dengan REI pusat.

“Diantara kerjasama itu anggota REI akan mendapatkan penjaminan untuk kredit investasi, konstruksi, KPR dan Suretibo,” ujarnya.

Untuk penjaminan kredit sendiri, Jamkrindo menggandeng salah satu Bank. Adapun jumlah penjaminan proyeknya memiliki kapasitas sebesar Rp 30 miliar. Ini bertujuan untuk memperluas penjaminan Jamkrindo ke REI melalui rekening atau bank.

“Kami berharap, bisnis ini menjadi luas. Terutama penjualan produk jaminan kami. Lalu bisa mendapat pasar lebih besar. Khususnya bidang properti,” pungkasnya.(irm)

 

Halal Bi Halal : Pengurus REI Banten halalbihalal dan membahas masalah rencana penyesuaian nilai rumah bersubsidi di Serpong, Kemarin.

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!