50 Perusahaan Buka Lowongan di Job Fair

Diterbitkan  Kamis, 12 / 07 / 2018 23:00 - Berita Ini Sudah :  749 Dilihat

JOB FAIR TANGSEL: Sejumlah pencari kerja memadati stan pada Job Fair di BSD, Kamis (23/11). Kegiatan yang berlangsung hingga 25 November tersebut diikuti puluhan perusahaan dari JABODETABEK yang bertujuan mewadahi para pencari kerja agar dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri dan bakat minatnya.

SERPONG-Sekitar 50 perusahaan besar bakal mengikuti bursa lowongan kerja atau Job Fair 2018 yang digelar Pemkot Tangsel di Lapangan ITC BSD, Jalan Rata Pahlawan Seribu pada 18-20 Juli mendatang.

Kelima puluh perusahaan itu di antaranya, PT Sinar Mas Group, PT Alfamart Tbk, PT Indomaret Tbk, PT BFI Finance Indonesia Tbk, PT Damai Indah Golf, PT Blue Bird Ciputat, PT Adira, PT Ara Hotel, MNC Group, PT TATA Motor dan lainnya.

Koordinator Pelaksana Job Fair dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangsel, Rifki Aplian mengungkapkan, perusahaan yang sudah menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi ada sebanyak 50-an. Masing-masing perusahaan membutuhkan sekitar 200 tenaga terampil di segala bidang. “Itu artinya terbuka peluang 10 ribu lowongan pekerjaan pada Job Fair ini,” katanya.

Rifki menerangkan, dalam bursa lowongan kerja ini, terbagai dua sistem untuk para pelamar guna mendapatkan pekerjaan.  “Jadi di sana tinggal aply (masukin) saja lamarannya dan tunggu panggilan wawancara. Ada juga yang sistemnya wawancara di tempat jobfair. Jadi pencari kerja harus benar benar mempersiapkan diri supaya bisa diterima kerja,” imbuhnya.

Kepala Disnaker Kota Tangsel, Purnama Wijaya mengatakan, pelaksanaan Job ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setahun dua kali. Menurut Purnama, Job Fair merupakan bagian dari tugas utama Disnaker Tangsel sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran dan penyerap tenaga kerja produktif yang ada di Kota Tangsel.

“Ini merupakan bagian dari tugas utama Disnaker Kota Tangsel untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Tangsel. Selain itu, Disnaker Tangsel akan selalu berupaya untuk memberikan dan memfasilitasi calon tenaga kerja untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai bidang dan minatnya masing-masing,” jelasnya.

Purnama menambahkan, berbarengan dengan pembukaan Job Fair juga akan diluncurkan website lowongan pekerjaan resmi dari Disnaker Tangsel. Pada website ini juga tersedia informasi seputar lowongan pekerjaan yang bisa diakses calon tenaga kerja.

“Kami memfasilitasi secara penuh untuk benar benar benar mengurangi angka pengangguran dan memberikan informasi loker agar calon tenaga kerja benar benar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan,” ujar mantan Camat Ciputat Timur ini.

Pihaknya meminta bagi para pencari kerja diharapkan mempersiapkan dokumen lamaran kerja, sehingga saat dibuka Job Fair bisa langsung mendatangi lokasi. “Setelah Lebaran urbanisasi terjadi tentu ada banyak pencari kerja ditambah lagi adanya lulusan sekolah saat ini, maka dari itu kegiatan ini bagian dari tugas pemerintah memberikan pelayanan lapangan kerja,” bebernya.

Keterampilan menjadi penentu di samping memang ijazah sebagai prasyarat dokumen untuk bisa diterima bekerja di perusahaan. Bagi pelamar bisa menyesuaikan apa yang diinginkan sesuai dengan bakat masing-masing. Hal ini untuk memudahkan ketika sudah terjun ke lapangan atau dunia kerja.

“Bakat dan keterampilan pada bidang apa itu jauh lebih baik. Tapi memang untuk anak-anak muda biasanya ingin mencari pengalaman terlebih dahulu, itu juga tidak masalah selagi muda perbanyak pengalaman di berbagai bidang,” imbuh ia. (din)

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!