100 Marbot se-Kota Tangsel Dilatih Cara Jitu Bersihkan Toilet Masjid

Diterbitkan  Rabu, 08 / 08 / 2018 23:15 - Berita Ini Sudah :  184 Dilihat

CIPUTAT-Sebanyak 100 marbot se-Kota Tangsel dibekali tata cara membersihkan masjid dengan optimal. Kegiatan itu diprakarsai Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Unilever di Masjid Al Is’tisom, Balaikota, Ciputat, kemarin.

Ketua DMI Kota Tangsel, Heli Slamet mengungkapkan, kegiatan ini untuk mengajarkan keterampilan bagi marbot tentang bagaimana cara membersihkan masjid utamanya toilet supaya bersih.

“Karena pandangan orang akan melihat kamar mandinya terlebih dahulu bersih atau tidak. Jika kamar mandinya bersih pasti ruangan-ruangan yang lain pun pasti akan bersih. Kamar mandi menjadi tolok ukur,” katanya.

Bersih-bersih kamar mandi juga bagian dari teknik. Maka perlu diberikan secara teori agar saat membersihkan lebih tepat dan efektif. Misalnya, takaran cairan pembersih dan alat-alat yang digunakan harus sesuai. Akan berbeda saat membersihkan keramik dengan granit atau marmer. Cairan yang harus digunakan tidak sembarangan.

“Bagaimana cara memembesihkan keramik, bagaimana cara membersihkan granit dan marmer agar sesuai dengan teknik dan hasil yang sempurna dibutuhkan ilmu. Maka digelarnya edukasi bagi marbot ini memberikan banyak manfaatnya,” imbuhnya.

Acara ini terselenggara, selain dimotori DMI dan Unilever, didukung juga oleh Bina Masyarakat Peduli (BMP). Usai diberikan pelatihan, tahap selanjutnya akan memberishkan seluruh masjid yang jumlahnya sesuai dengan peserta yang ikut pelatihan tersebut. Setiap pekan diperkirakan akan dikerjakan empat atau lima masjid dibantu oleh para jamaah.

“Dari seratus masjid ini per Sabtu bisa dikerjakan sebanyak empat masjid secara bersamaan dalam satu hari. Tenaganya dari DMI dan jamaah sehingga ditarget sehari selesai. Prioritasnya kamar mandi agar bersih dan suci. Masih-masing masjid mendapatkan peralatan dan cairan pembersih,” jelas Heli Slamet.

Salah satu trainner dalam pelatihan tersebut, Tirmizi Abdul Mujid menyampaikan, betapa pentingnya markot peduli terhadap masjid. Banyak keutamaan-keutamaan membersihkan masjid sebagai Rumah Allah untuk beribadah salat lima waktu dan aktivitas keagamaan lainnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!