Akta Kematian Penting Untuk Dimiliki

Diterbitkan  Kamis, 09 / 08 / 2018 21:22 - Berita Ini Sudah :  235 Dilihat

PONDOK AREN-Akta Kematian masih kurang fami­liar, ini terbukti masih banyak masyarakat yang belum membuat akta kematian untuk keluarganya untuk itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel terus melakukan sosialisasi pentingnya pembuatan akta kematian dengan melakukan pelayanan keliling.

Seperti halnya pelayanan keli­ling yang berlangsung di Kecamatan Pondok Aren, Kamis (9/8).

Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan, menjelaskan, mengurus akta kematiaan kerap dianggap sepele oleh warga . Padahal, fungsinya tak kalah penting dengan surat kependudukan lain seperti akta kelahiran, KTP-EL, ataupun Kartu Keluarga. Akta kematian merupakan bukti sah mengenai status kematian seseorang, yang diperlukan sebagai dasar pembagian hak waris, penetapan status janda atau duda pasangan yang ditinggalkan, pengurusan asuransi, pensiun, perbankan dan lain sebagainya.

Lebih dari itu, pemerintah juga merasakan manfaatnya. Dengan pencatatan kematian dapat diperoleh statistik angka kematian yang dapat digunakan untuk memantau penyebab, umur harapan hidup, serta penetapan kebijakan pembangunan lainnya. “Itu yang kurang dipahami masyarakat. Mayoritas warga masih beranggapan bahwa jika ada yang meninggal, cukup pakai surat keterangan kematian dari Kelurahan, maka dari itu Disdukcapil terus melakukan himbauan dan membuka pelayanan kepada masyarakat bahwa akta kematian juga sa­ngat penting dibuat,”ungkapnya.

Disdukcapil terus melakukan himbauan dan membuka pelayanan kepada masyarakat bahwa akta kematian juga sa­ngat penting dibuat. Seperti pelayanan keliling akta kematian yang berlangsung di Kecamatan Pondok Aren ini.

Kepala Seksi Perubahan Status Anak Kewarganegaraan dan Kematian Disdukcapil Kota Tangsel, Farah Diba, menjelaskan, ada 17 pemohon yang membuat akta kematian keluarganya. “Untuk Kelurahan Pondok Karya ada 3, Pondok Kacang Timur ada 3, Pondok Betung ada 3,Pondok Are nada 5, Parigi ada 1, Pondok Kacang Barat ada 1, Jurang Mangu Timur ada 1 pemohon, deng­an total keseluruhan ada 17 pemohon,”ungkapnya.(irm)

 

PEMBERIAN. Disdukcapil memberikan akta kematian yang dibuat warga dalam pelayanan keliling di Kecamatan Pondok Aren, Kamis (9/8).

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!