Layanan Publik Tak Maksimal


Kepala Dinas Terancam Non Job

Diterbitkan  Kamis, 09 / 08 / 2018 23:22 - Berita Ini Sudah :  189 Dilihat

SERPONG-Pelayanan masyarakat tidak maksimal, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terancam dinonjobkan. Hal itu menyusul bakal disahkannya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pelayanan Publik.

Raperda Pelayanan Publik itu memang mengatur hak-hak masyarakat terhadap pelayanan dan bagaimana cara Pemkot Tangsel meningkatkan pelayanan.

“Sanksinya itu mulai dari teguran tertulis dari walikota kepada kepala OPD yang dinilai lalai, bahkan sampai non job pejabat kepala OPD jika memang kelalaiannya sangat fatal. Jadi kami atur sanksi tegas kepada pejabat OPD agar memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kota Tangsel,” ungkap Rizki Jonis, Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pelayanan Publik DPRD Kota Tangsel.

Saat ini Raperda tersebut telah selesai difinalisasi. Hanya tinggal menunggu evaluasi dari Pemprov Banten, lalu disahkan menjadi Perda.

Hal-hal pokok terkait pelayanan yang diatur yakni,  masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan informasi mengenai kebenaran isi standar pelayanan, mengawasi pelaksanaannya, dan mendapatkan advokasi, perlindungan hingga pemenuhan pelayanan.

“Bahkan masyarakat juga memiliki hak untuk memberitahu kepada pimpinan penyelenggara dalam hal ini ialah OPD terkait, mengenai perbaikan pelayanan jika dianggap masyarakat masih sangat kurang, dan masyarakat juga memiliki hak mendapatkan tanggapan terhadap pengaduan yang diajukan,” papar Rizki.

Sementara, Ketua Pansus Raperda Pelayanan Publik, Aldi S Zuhri mengatakan, bahwa setelah Raperda tersebut disahkan menjadi Perda, maka pihaknya meminta kepada walikota segera membuatkan Perwal terhadap pasal-pasal yang memang membutuhkan aturan turunannya.

“Setelah ini, kami minta segera dibuatkan Perwalnya, agar Perda ini bisa segera dijalankan dengan cepat, sehingga masyarkat mendapatkan mutu kualitas pelayanan yang terbaik dari pemerintah,” pungkasnya. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!