Airin Terjun Pantau Drainase

Diterbitkan  Minggu, 12 / 08 / 2018 23:11 - Berita Ini Sudah :  172 Dilihat

PAMULANG-Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany terjun langsung memantau saluran air di Kecamatan Setu, kemarin. Kebersihan akan drainase itu diamatinya dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya.

Apa yang dilakukan Airin itu merupakan bagian dari penilaian Lomba Bersih Saluran. Kegiatan ini digelar Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel di tujuh kecamatan guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73.

Airin yang didampingi tim penilai mengungkapkan, dengan adanya kegiatan Lomba Bersih Saluran ini tentu harapannya bisa menumbuhkan motivasi khususnya bagi masyarakat Kota Tangsel soal partisipasi aktif warga itu penting.

“Jadi proses pembangunan dan penataan kota tidak hanya bergantung pada program kegiatan yang bersumber dari dana APBD. Tapi yang terpenting lagi diperlukan kolaborasi kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan. Partisipasi warga, kita sebagai pemerintah dengan swasta dan lainnya,” ungkap Airin

Airin menambahkan dari tahun ke tahun partisipasi warga meningkat. Sebelumnya pada 3 tahun lalu pernah dilaksanakan Lomba Bersih Saluran, namun hanya seremonial saja untuk perlombaan.

“Ini merupakan lomba yang digelar setiap tahun dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diikuti oleh setiap kecamatan, dan ada titik tertentu yang dinilai oleh Dinas Pekerjaan Umum. Terutama yang menjadi prioritas pembersihan saluran air atau gorong-gorong di area rumah masing-masing,” tuturnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan menjelasakan,  kegiatan Lomba Bersih Saluran ini telah ditetapkan sebagai agenda rutin setiap tahun jelang perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia. Tentunya dengan melibatkan masyarakat yang ada di tujuh kecamatan se-ota Tangsel.

“Penilaian dan juri dilakukan oleh tim dari Dinas Pekerjaan Umum Tangsel dan tim Forum Kota Sehat. Untuk peserta merupakan dari kelurahan yang mewakili 7 kecamatan yang diusulkan oleh masing-masing kecamatan,” jelasnya.

Target yang ingin dicapai dengan mengelar kegiatan ini sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan saluran air. Melalui lomba secara tidak langsung masyarakat mencontoh bagaimana membersihkan lingkungan masing-masing agar tetap nyaman.

“Minimal di depan rumah kita dibersihkan. Ini merupakan tindak lanjut program Ibu Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, yakni Gerakan Bersih Saluran dan berharap masyarakat ikut serta,” tambah ia.

Lomba digelar pada 11-12 Agustus. Sementara , untuk pemenang bakal diumumkan pada 15 Agustus mendatang serta pemberian hadian dan piala bergilir yang bakal disampaikan pada puncak perayaan HUT RI di Lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong.

Asda 2 Kota Tangsel, Retno Prawati menambahkan, tim panitia akan menilai titik yang dilombakan dengan melihat variabel seperti tidak ada semak-semak di sekitar, aliran air lebih lancar serta kerapihan penataan bantaran serta adanya bahu jalan.

“Koneksi saluran antara pembuangan ke perumahan atau jalan kota harus nyambung terus, sehingga air mengalir terus tidak ada hambatan. Gotong royong setiap warga pun dinilai juga banyaknya partisipasi masyarakat dalam membersihkan saluran air,” imbuhnya.

Sementara,             Camat Serpong, Mursinah menuturkan, jika masyarakat cukup antusias bersama-sama membersihkan saluran air. “Seluruh masyarat sudah kita imbau untuk terlibat dalam membersihkan salurah, gorong-gorong dan saluran air, minimal di depan rumah mereka sendiri,” tukasnya.(din)

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!