Laporkan Mantan Koruptor di DCS

Diterbitkan  Minggu, 12 / 08 / 2018 23:08 - Berita Ini Sudah :  157 Dilihat

SERPONG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel berharap peran aktif masyarakat terkait pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) yang memuat 684 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Jika ada Bacaleg pernah tersandung kasus korupsi, kejahatan seksual anak, dan narkoba harus segera dilaporkan.

Anggota KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein mengungkapkan, masyarakat harus mengenal nama-nama Bacaleg sesuai dengan daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

“Kami harapkan peran aktif masyarakat di sini, misalnya ada masyarakat yang mengetahui salah satu Bacaleg yang pernah dipidana korupsi, kejahatan seksual anak, dan bandar narkoba laporkan saja ke kami. Dan yang paling penting itu setiap aduan itu harus memiliki alat bukti yang kuat,” ungkapnya.

KPU memberikan waktu tujuh hari  untuk masyarakat melapor, dan partai politik pun diberi waktu tiga hari untuk mengklarifikasi tanggapan masyarakat tersebut. “Dan jika hasil laporan dari masyarakat tersebut terbukti, partai tidak bisa memberikan klarifikasi yang kuat, maka nama yang dilaporkan itu dicoret. Dan partai, kami beri waktu tujuh hari untuk mengajukan nama pengganti,” ungkapnya.

Mudjahid mengatakan, bahwa ini adalah momen yang tepat bagi masyarakat Kota Tangsel guna melihat terlebih dahulu siapa saja yang nantinya menjadi wakil rakyat.

“Makanya sejak diumumkan ini, harus diperhatikan betul oleh masyarakat Tangsel para calon wakil rakyat mereka, dan DCS ini pun kami juga memasang pengumumkan di semua Dapil, di setiap kelurahan se-Kota Tangsel,” paparnya.

Sementara, Anggota Panwaslu Kota Tangsel, Ahmad Jajuli mengatakan, bahwa pihaknya juga akan membuka pintu bagi masyarakat yang akan melaporkan terkait Bacaleg yang ada di DCS ini.

“Jika memang nantinya ada temuan, entah itu Bacaleg terlibat kasus korupsi ataupun narkoba dan kejahatan seksual anak, kami pun akan menindaklanjutinya ke KPU Kota Tangsel,” pungkasnya. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!