Pedayung Tangsel Juara di Festival Cisadane

Diterbitkan  Jumat, 31 / 08 / 2018 21:59 - Berita Ini Sudah :  208 Dilihat

PAMULANG-Keberuntungan berpihak pada pedayung Kota Tangerang Selatan tergabung pada Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Tangsel. Pasalnya, pedayung Tangsel memperoleh juara dalam Festival Cisadane 2018 yang digelar Pemkot Tangerang.

Sekretaris PODSI Tangsel, Dodi Haryanto langsung turun ke lapangan bersama para atlet dayung dalam ajang Festival Cisadane sejak 25-31 Agustus kemarin. Tim asal Tangsel tampil maksimal kendati berhadapan dengan peserta tuan rumah yakni Kota Tangerang dan pedayung se-Banten, seperti Cilegon, Kabupaten Tangerang dan daerah lainnya.  PODSI Tangsel ikut yang ketiga kalinya ini sejak Festival Cisadane digelar.

“Kami berpartisipasi ketiga kalinya ini, tahun ini Alhamdulillah memperoleh banyak juara dari berbagai cabang. Lawan terberat dari Kota Cilegon. Hal ini karena mereka memiliki atlet dayung yang sudah tarafnya PON, sehingga cukup berpengalaman,” katanya.

Sedangkan untuk tuan rumah Kota Tangerang meski juga bagus, namun dapat diatasi. Sementara Cilegon cukup ketat persainganya. Cilegon juga memiliki wahana berlatih, sehingga sangat mendukung para atlet dayung.

Tangsel memperoleh juara pada cabang kano single sebagai juara 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk cabang kayak doble, dan dragon boat U20 memperoleh juara satu. Dragon boat ini terdiri dari 12 orang dalam satu perahu.

“Lomba dayung merupakan salah satu olah raga yang diperlombakan di Festival Cisadane. PODSI Tangsel menurunkan atlet terbaiknya untuk mengikuti even ini. Kami ikut yang ke tiga kali. Tahun lalu dragon pelajar juara dua. Tahun ini dominasi termasuk dragon boat open se-Banten kami juara yang langsung disaksikan oleh Walikota Tangerang,” katanya.

Beberapa nomor yang dilombakan, diantaranya dragon boat open nasional, dragon boat open se-Banten, dragon boat U20 se-Banten, kayak single, kayak doble, kano singel. Keikut sertaan dalam even ini merupakan bagian dari asah kemampun jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten pada November mendatang.

“Kegiatan ini sangat penting untuk mengasah kepekaan dan mental para atlet pra Kejurda. Dengan demikian para atlet sudah dapat mengukur kemampuan dirinya dan kekuatan lawan. Terima kasih Pemkot Tangerang yang sudah mengelar acara seperti ini dan ini sangat bermanfaat sekali,” katanya.

Dengan berbagai kejuaraan yang sering disabet, berharap ada perhatian pemerintah terhadap para atlet dayung supaya lebih nyaman saat berlatih. Hal ini menyangkut dengan kebutuhan sarana dan prasarana memadai. Potensi atlet dayung Tangsel cukup besar jika tidak dikelola dengan baik sangat disayangkan.

“Kami dari pengurus berharap besar pada Pemerintah Tangsel agar bisa memberikan perhatian lebih terhadap cabor dayung agar para atlet dapat menjalankan program latihan lebih nyaman,” harap ia.

Ketua PODSI Tangsel, Prima Abdurahman mengucapkan terima kasih atas usaha para atlet hingga memperoleh juara. Ini satu prestasi yang hebat dan patut diapresiasi. Kendati bukan kejuaraan daerah hanya evan, hal positif memberikan sumbangsih bagi para atlet untuk mengasah kemampuan.

“Selamat atas keberhasilan memperoleh juara dalam even Festival Cisadane ini. Pengalaman menjadi modal dasar untuk nanti bertanding di Porprov mendatang,” tambah ia. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!