Warga Antusias Periksa Kesehatan Gratis

Diterbitkan  Jumat, 31 / 08 / 2018 21:58 - Berita Ini Sudah :  148 Dilihat

SERPONG UTARA- Warga antusias melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Mill Tbk, Jumat (31/8). Antusiasme warga terlihat dari banyaknya warga hingga mencapai ratusan dan berasal dari tiga wilayah sekitar pabrik kertas di Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, tersebut.

Dept Head Sustainbility PT IKPP Kholisul Fatikhin menjelaskan, pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat sekitar bagian dari program yang secara rutin dilakukan kepada masyarakat sekitar melalui Corporate Social Responsibility (CSR) kesehatan. Dengan harapan agar masyarakat tetap sehat, sehingga dapat beraktivitas sehari-hari lebih lancar.

“Ini bagian dari kegiatan CSR kami fokus pada pelayanan kesehatan mencakup tiga wilayah yakni Kampung Baru dan Marga Jaya, Kelurahan Pakulonan, Serpong Utara dan Pakulonan Barat, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Bukan hanya saja masyarakat memersiksakan kesehatannya, berikut diberikan macam-macam obat sesuai dengan keluhan masyarakat seperti gula darah, kolestrol, asam urat, pengecekan tensi darah dan konsultasi lainnya disamping diberikan edukasi cara menjaga pola hidup sehat dan bersih (PHBS).

Edukasi pola hidu sehat penting dilakukan, sebab penyakit disebabkan lantaran tidak melakukan PHBS yakni seperti berolahraga, makanan harus dijaga dan  tidak sembarangan.

“PT IKPP menggandeng tim medis dari Puskemas Pakualam dan warga juga bisa mengecek gula darah, asam urat, kolesterol dan berkonsultasi. Kita juga memberikan obat berdasarkan keluhan mereka. Warga bias berkonsultasi di samping memang diberikan pemahaman agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” tambah ia.

Health Officer PT IKPP, Doni Gunawan turut memberikan materi kesehatan, salah satunya agar masyarakat berhati-hati terhadap penularan penyakit yang cukup berbahaya seperti HIV/AIDS. Masyarakat turut diberikan pengetahuan terkait ciri-ciri orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS serta penularaanya.

“Seseorang yang sudah positif mengidap HIV/AIDS kondisi daya tahan tubuh akan terus mengalami menurun. Untuk itu harus dijaga betul dan berhati-hati sanak saudara kita,” pesannya.

Pola penularan yang cepat melalui sek bebas, jarum suntik bekas dan luka. Jarum suntik pemakaian narkoba secara berganti-ganti ini cukup berbahaya, serta melalui luka akibat terkena misalnya percikan darah dari orang yang mengidap HIV/ADIS biasanya akan mudah tertular. “Maka sayangilah keluarga kita, agar terhindar dari musibah ini,” sarannya.

Ketua RW 05 Pakulonan Barat , Sahrul menyampaikan terima kasih kepada PT IKPP yang secara rutin menggelar pengecekan kesehatan. Dengan kegiatan ini masyarakat akan semakin sadar tentang kesehatan utamanya menjaga PHBS. Meski keseharian warga sibuk aktivitas, tapidiingatkan agar lupa hidup sehat lantaran sangat penting dalam menjaga tubuh agar tetap vit.

“Masyarakat cukup antusias dengan adanya cek kesehatan gratis bagi warga di sini. Dengan mendapatkan ilmu, paling tidak mereka akan teringat terus untuk menanamkan hidup sehat. Banyak istirahat, tidak boleh stres dan banyak minum air putih serta sayur dan buah. Olahraga juga penting biarpun jalan-jalan muter di lingkungan rumah yang penting gerak,” pungkasnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!