25 Sekolah Cerdas Cermat Harkopda ke-71

Diterbitkan  Senin, 03 / 09 / 2018 23:13 - Berita Ini Sudah :  183 Dilihat

CIPUTAT– Jelang Hari Koperasi Daerah (Harkopda) ke-71 pada 11-14 Oktober mendatang, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) kini menggelar cerdas cermat sebanyak 25 sekolah.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadeak mengungkapkan, rangkaian Harkopda dimulai dengan menyelenggarakan Jambore Koperasi berlangsung selama beberapa hari dilanjutkan dengan cerdas cermat pada hari ini Selasa (4/9) di Vila Dago Pamulang. Sedangkan kepesertaan sebanyak 25  sekolah tingkat SLTA/SMK.

“Besok pagi (hari ini red) cerdas cermat dilaksanakan. Peserta cerdas cermat adalah yang kemarin mengikuti jambore selama beberapa hari diberikan pembekalan,” katanya.

Cerdas cermat ini untuk menguji kemampuan peserta, daya ingat dan kecepatan menjawab. Pasalnya, materi sudah diberikan selama mengikuti Jambore, baik tentang koperasi dan UKM dan berbagai materi lain yang sudah diberikan oleh para pemateri sebelumnya.

“Materi yang disampaikan seputar tentang koperasi dan kaitan-kaitanya. Bahan materinya sudah diberikan saat pelaksanaan jambore jadi tidak sulit dalam cerdas cermat tinggal pesertanya apakah saat mengikuti jambore memperhatikan dengan serius atau tidak,” tuturnya.

Nanti bagi pemenang akan diikut sertakan lomba cerdas cermat tingkat Provinsi Banten pada (3/10) mendatang. Hal penting dalam rangkaian Harkopda adalah memberikan banyak informasi guna membentuk para kader koperasi melalui jambore di lanjut dengan cerdas cermat tingkat kota dan provinsi.

“Rangkian jambore dan cerdas cermat diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah Kota Tangsel dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal,” tambah ia.

Dengan kata lain, setelah mengikuti kesemuanya, muncul bibit-bibit baru anak muda yang cinta akan koperasi. Koperasi satu sitem penguatan ekonomi masyarakat dari tahun ke tahun. Maka dari itu anak muda jangan sampai anti terhadap koperasi. Pihak pemerintah selalu menggelar acara ini guna mengajak dan melahirkan generasi baru tentang koperasi.

”Koperasi salah satu penggerak ekonomi masyarakat di semua tatanan, lingkungan sekolah, kampus dan lain-lain. Rangkain Harkopda dibuat dengan banyak kegiatan adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat secara luas serta pada generasi muda. Mari sukseskan acara Harkopda tahu ini,” ajaknya.

Ketua Pelaksana Harkopda 71 Kota Tangsel, Hendro Wibowo mengatakan, peserta cerdas cermat sudah dibekali dalam kegiatan jambore tentang perkoperasian, publik speaking.

“Jambore Aku Cinta Koperasi yang sudah digelar dan diikuti oleh mereka sebagai pembekalan dalam mengikuti cerdas cermat Koperasi yang nantinya pemenang akan mewakili Kota Tangsel di Harkopda Tingkat Provinsi. Maka harus mempersiapkan diri maupun secara mental,” katanya. (din).

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!